Geger Muncul Pulau Baru di Maluku Setelah Gempa, Kok Bisa?

HARIANE JOGJA – Muncul pulau baru di Maluku menjadi hal yang membuat geger masyarakat. Pasalnya, pulau tersebut muncul setelah terjadinya gempa dengan Magnitudo 7.5 SR.

Diketahui, muncul pulau baru di Maluku tepatnya di Tanimbar, Kecamatan Wua Labobar. Dikonfirmasi dari laporan Informasi Seputar Gempa Bumi Indonesia, letak pulau kecil itu tepatnya antara Desa Teineman dan Mitak.

Muncul pulau baru di Maluku ini membuat banyak warganet membahasnya di jagad sosial media. Salah satu akun Facebook Mulyadi Letsoin juga sempat mengabadikan bentuk pulau baru tersebut.

Pulau Baru di Maluku setelah Gempa
Potret warga yang penasaran muncul pulau baru di Maluku. (Foto: Facebook/Mulyadi Letsoin)

Fenomena muncul pulau baru di Maluku ini membuat masyarakat penasaran. Lantas , bagaimana penjelasan ilmiahnya?

BACA JUGA:  Jadwal Pemadaman Listrik Jogja 23 November 2023 Melanda Wilayah Bantul, Sleman, dan Wates

Muncul Pulau Baru di Maluku Setelah Gempa Itu Sangat Wajar

Fenomena muncul pulau baru di Maluku setelah gempa 7.5 SR memang dapat dikatakan sangat wajar.

Lewat akun Twitter pribadinya, Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Eko Yulianto mengonfirmasi dan mencoba menjelaskan kejadian tersebut.

Secara umum, munculnya pulau di Indonesia didasari oleh dua fenomena: pengangkatan tektonik dan pertumbuhan vulkanik (gunung api).

Ia menjelaskan, setiap gempa besar dangkal dengan mekanisme gerak sesar naik akan mengangkat dasar laut sedikit demi sedikit.

Selain peristiwa muncul pulau baru di Maluku, pengangkatan daratan juga dapat dilihat pada gempa Aceh 2004. Bagian utara Pulau Simeulue terangkat sekitar 3 meter. Sementara itu, bagian selatannya turun.

Admin