58 Ramalan Cupu Panjala 2023, Juru Kunci Sampaikan 3 Catatan Saat Prosesi Pembukaan

HARIANE JOGJA – Ramalan Cupu Panjala 2023 disampaikan saat prosesi pembukaan pada Selasa, 31 Oktober 2023 dini hari.

Terdapat 58 gambar hasil bukaan Cupu Panjala yang digelar di Padukuhan Mendah, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, pada Hari Senin Wage malam Selasa Kliwon Rejeb itu.

Gambar-gambar tersebut sering kali diyakini sebagai ramalan yang mungkin terjadi dalam setahun ke depan.

Menurut laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, upacara adat pembukaan Cupu Kyai Panjala telah berlangsung selama berabad-abad.

Eyang Seyek, yang juga dikenal sebagai Kyai Panjala, adalah tokoh yang menemukan dan memiliki Cupu Kyai Panjala.

Konon, Cupu Kyai Panjala ditemukan oleh Eyang Seyek saat melakukan aktivitas menjaring di laut.

Meskipun Eyang Seyek sendiri tidak memiliki istri atau anak, ia memiliki sepuluh saudara kandung, lima lelaki dan lima wanita.

Kakek buyut dari Dwijo Sumarto adalah saudara kandung Eyang Seyek, sehingga menjadi bagian dari pewaris Cupu Kyai Panjala.

Terdapat tiga Cupu yang ada dalam prosesi ini. Cupu terbesar disebut Semar Tinandhu, yang sedang disebut Palang Kinantang, dan yang paling kecil disebut Kenthiwiri.

Semar Tinandu melambangkan penguasa dan pejabat tinggi, Palang Kinantang menggambarkan masyarakat menengah ke bawah, sementara Kenthiwiri melambangkan rakyat kecil.

BACA JUGA:  Kepala Desa Candibinangun Ditetapkan Jadi Tersangka Mafia Tanah di Pakem Sleman

58 Ramalan Cupu Panjala 2023

Dalam prosesi pembukaan Cupu Panjala 2023, setiap lembar kain dibuka dan diperiksa secara teliti, termasuk kondisi kain dan tanda-tanda yang mungkin ada di dalamnya.

Admin