5 Penyebab Susah Bangun Pagi Benarkah Berbahaya? Ini Cara Mengatasinya

HARIANE JOGJA – Penyebab susah bangun pagi penting untuk diketahui oleh orang-orang yang merasa sulit untuk beranjak dari tempat tidur padahal ada aktivitas wajib.

Sebab susah bangun subuh ternyata tidak hanya disebabkan karena kurangnya tidur. Gejala medis tertentu juga bisa menyebabkan seseorang jadi lebih mudah mengantuk.

Alhasil karena kondisi badan yang tidak segar menimbulkan rasa malas dan hilangnya fokus.

Selain itu, faktor lain seperti cuaca juga cukup mempengaruhi mood seseorang. Lalu bagaimana cara mengatasi susah bangun di pagi hari?

Apa Saja Penyebab Susah Bangun Pagi ?

1. Sleep inertia

Dilansir dari laman Sleep Foundation, sleep inertia merupakan fase singkat ketika tubuh berpindah dari keadaan tidur menjadi terjaga.

Ketika mengalami inersia tidur, seseorang cenderung merasa kantuk, bingung, dan sulit berkonsentrasi setelah baru saja bangun tidur.

Efek inersia tidur ini biasanya berlangsung sekitar 30 hingga 60 menit, bahkan bisa berlanjut selama beberapa jam.

Meskipun penyebab inersia tidur belum sepenuhnya dipahami, penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa proses dalam tubuh yang berperan dalam timbulnya keadaan kantuk di pagi hari.

Meskipun semua orang dapat mengalami inersia tidur, kondisi ini umumnya lebih parah pada mereka yang kekurangan tidur, memiliki gangguan tidur tertentu, atau mengalami masalah kesehatan mental.

BACA JUGA:  Gejala Virus Marburg Mewabah di Afrika, Risiko Kematian 88 Persen

2. Kekurangan tidur

Penyebab susah bangun pagi yang kedua adalah kekurangan tidur.

Direkomendasikan untuk orang dewasa tidur selama 7 hingga 9 jam, sementara remaja dan anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

Kontributor 13