Biaya Pengobatan Pasien Gagal Ginjal Akut Akan Digratiskan, Jokowi: Ini Penting Sekali

HARIANEJOGJA – Penyakit gagal ginjal akut yang lebih banyak menyerang anak-anak kini mendapatkan perhatian serius dari pemerintah RI.

Kasus gagal ginjal akut yang terjadi di Indonesia dilaporkan mencapai 245 orang hingga 23 Oktober 2022.

Terkait dengan hal ini, Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan untuk mengatasi penyakit gagal ginjal akut pada Senin, 24 Oktober 2022.

Salah satu hasil pertemuan tersebut adalah Presiden Jokowi meminta agar biaya pengobatan untuk pasien gagal ginjal akut digratiskan. Berikut informasi selengkapnya.

BACA JUGA:  Hiu Paus Terdampar di Kulon Progo, Punya Bobot 2 Ton

Presiden Minta Biaya Pengobatan Gagal Ginjal Akut Digratiskan

Dalam rapat yang terbatas tersebut, Jokowi memberikan sejumlah arahan kepada jajarannya terkait dengan upaya penanganan kasus penyakit yang terjadi di Tanah Air.

Jokowi meminta supaya jajarannya menyiapkan layanan kesehatan, yaitu dengan mengadakan obat-obatan yang dapat menangani penyakit gagal ginjal pada anak.

Presiden juga sempat menyinggung biaya pengobatan bagi masyarakat yang mengidap penyakit ‘misterius’ ini.

“Saya minta diberikan pengobatan gratis kepada pasien-pasien yang dirawat. Saya kira ini penting sekali,” ungkapnya.

Selain itu, masih ada tiga poin penting lain yang menjadi arahan Jokowi dalam penanganan penyakit gagal ginjal ini. Berikut informasi lengkapnya.

1. Utamakan Keselamatan Masyarakat

Presiden meminta supaya jajarannya menangani kasus ini dengan serius dengan memberikan perhatian lebih terhadap keselamatan masyarakat.

“Jangan menganggap masalah ini kecil, ini adalah masalah besar,” ujar Jokowi.

Admin