9 Jenis Kecerdasan Anak untuk Mengembangkan Potensi Sejak Usia Dini

HARIANE JOGJA – Sembilan jenis kecerdasan anak berikut ini perlu dipahami agar dapat menjadi bekal untuk mengembangkan potensi si kecil sejak dini.

Beberapa jenis kecerdasan menurut Howard Gardner yang akan dibahas bisa menjadi referensi untuk mengarahkan si kecil ke bidang yang bisa jadi keahliannya.

Menurut Gardner, kecerdasan manusia dibagi menjadi linguistik, musikal, eksistensial, intrapersonal, logis, naturalis, interpersonal, spasial, dan kinestetik.

Apa saja yang menjadi perbedaan kemampuan pada setiap jenis kecerdasan? Simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA:  Cara Diet Ala Mr Beast Berhasil Pangkas Lemak Setengahnya, Salah Satunya Jalan Kaki 12 Ribu Langkah

Jenis Kecerdasan Anak untuk Panduan Pengembangan Potensi Si Kecil

Dilansir dari laman Binus University, seorang ahli pendidikan bernama Howard Gardner mencetuskan teori tentang sembilan jenis kecerdasan yang kemudian disebut dengan Multiple Intelligences.

Dikutip dari kanal YouTube Qutu Buku, berikut sembilan macam kecerdasan yang bisa digunakan sebagai modal untuk menentukan arah tumbuh kembang anak sejak dini:

1. Eksistensial

Jenis Kecerdasan Anak
Anak eksistensial akan mempertanyakan berbagai hal tentang kehidupan layaknya seorang filsuf. (Ilustrasi: Pixabay/ khamkhor)

Anak eksistensial akan mempertanyakan berbagai hal tentang kehidupan layaknya seorang filsuf.

Meski tak menemukan jawaban pasti, namun hal-hal filosofis kadang berhasil membuat terjaga sepanjang malam.

Pikiran, ide, serta hipotesis berorientasi pada sejumlah pertanyaan seperti mengapa kita di sini? Atau apa sebenarnya tujuan dari hidup ini?

2. Musikal

Jenis kecerdasan satu ini fokus pada penguasaan musik dengan segenap instrumennya, mampu membedakan nada atau ritme, hingga dapat menghasilkan sejumlah album lagu sendiri.

3. Linguistik

Anak dengan kecerdasan linguistik umumnya lebih mudah mempelajari berbagai kosakata baru, menyukai keindahan bahasa, serta menikmati aktivitas menulis maupun membaca.

Admin