Prakiraan Cuaca Hari Ini di Jogja, Apakah Masih Panas Terik?

HARIANE JOGJA – Prakiraan cuaca hari ini di Jogja telah dirilis oleh BMKG untuk periode selama tiga hari ke depan atau dari 15 – 17 Maret 2023.

Dilihat dari ramalan cuaca BMKG, ternyata ada perubahan dari cuaca panas di Jogja yang dirasakan masyarakat belakangan.

BMKG juga memberikan klarifikasi soal penyebab cuaca panas yang waktunya nyaris bersamaan dengan erupsi Gunung Merapi pada 11 Maret 2023 lalu.

Bagaimana cuaca untuk wilayah Yogyakarta selama tiga hari ke depan?

Penyebab Cuaca Panas di Jogja Karena Kelembaban Rendah

Perubahan cuaca yang cukup ekstrem dirasakan masyarakat di Jogja dan sebagian wilayah Jawa Tengah. Cuaca yang tadinya didominasi hujan hingga intensitas lebat mendadak panas terik seperti musim kemarau.

Di saat yang hampir bersamaan, Gunung Merapi kembali erupsi dengan mengeluarkan awan panas guguran dengan jarak luncur hingga 7 km sejak Sabtu, 11 Maret 2023.

BACA JUGA:  4 Rekomendasi Kuliner Jogja yang Terkenal, Selain Gudeg dan Bakpia
Gunung Merapi erupsi hari ini
Gunung Merapi erupsi Sabtu, 11 Maret 2023 dengan mengeluarkan awan panas ke arah barat daya. (Foto: Twitter/TRCBPBDDIY)

BMKG pun memberikan klarifikasi soal asumsi penyebab cuaca panas di Jogja disebabkan oleh erupsi Gunung Merapi.

Dilansir dari Instagram @humasjogja, cuaca terik disebabkan karena kelembaban yang sangat rendah sehingga sinar matahari langsung masuk ke atmosfer bumi.

“Cuaca terik dipengaruhi oleh kelembaban perlapisan 700 milibar sampai dengan 500 milibar. Ini sangat kering hingga mencapai 30 persen, sehingga sinar Matahari langsung menembus permukaan Bumi. Sampai di permukaan Bumi, sinar Matahari kembali dipantulkan kembali ke atmosfer,” jelas Romadi, Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA.

Dyah Ayu