BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Dingin Beberapa Hari Ini, Picu Curah Hujan Tinggi Sampai Awal Januari 2023

HARIANEJOGJA – Apa penyebab cuaca dingin beberapa hari ini yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia?

Penyebab cuaca dingin beberapa hari ini yang bersamaan dengan musim hujan di Indonesia tentunya membuat banyak masyarakat merasa kurang nyaman dalam menjalankan aktivitas.

BMKG mengungkapkan salah satu penyebab cuaca dingin beberapa hari ini adalah karena aktivitas Monsun Asia yang belakangan meningkat.

Meski mengkhawatirkan, apalagi soal peristiwa gelombang suhu dingin ekstrem yang terjadi di beberapa negara, hingga isu soal badai yang akan melanda Jabodetabek, BMKG menyebut aktivitas Monsun Asia ini adalah normal.

BACA JUGA:  Jadwal Pemadaman Listrik Jogja Hari ini, 8 November 2023 Melanda Sleman, Bantul, Wates, dan Wonosari

Monsun Asia Disebut Jadi Penyebab Cuaca Dingin Beberapa Hari Ini di Indonesia

Penyebab cuaca dingin beberapa hari ini
Dingin jadi trending topic Twitter Selasa, 27 Desember 2022. (Foto: Twitter)

Suhu udara yang lebih dingin dari biasanya dirasakan oleh sebagian wilayah di Indonesia, tak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suhu udara untuk Selasa, 27 Desember 2022 menunjukkan angka paling rendah adalah 21 derajat Celcius dan paling tinggi 30 derajat Celcius.

Warga net pun banyak bertanya-tanya soal penyebab cuaca dingin di Indonesia hingga kata ‘Dingin’ pun menjadi trending topic Twitter pada Selasa ini.

BMKG melalui laman resminya mengungkapkan alasan cuaca dingin belakangan ini adalah karena ada aktivitas Monsun Asia yang meningkat signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Aktivitas tersebut menyebabkan seruakan udara dingin dan juga fenomena alam yang bisa meningkatkan pertumbuhan awan hujan di Indonesia.

Dyah Ayu