Jokowi Ulang Tahun ke-62, Berikut Daftar Proyek yang Diselesaikan Presiden pada Semester II 2022

HARIANE JOGJA – Tepat hari ini Rabu, 21 Juni 2023 merupakan hari spesial Presiden Indonesia Jokowi ulang tahun ke-62.

Presiden Joko Widodo yang saat ini berusia 62 tahun, lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 dari pasangan Widjiatno Notomihardjo (ayah) dan Sudjiatmi (ibu).

Menjabat presiden selama dua periode dimulai pada 2014 hingga 2023 sekarang, memiliki proyek yang sedang digagas serta percepatan pembangunan nasional.

Presiden Jokowi memulai langkah kepemimpinannya melalui proyek infrastruktur, yang bekerjasama dengan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

BACA JUGA:  Stasiun Cimekar Baru Resmi Dibuka Hari Ini, Lokasinya Dekat Masjid Al Jabbar

KPPIP adalah komite yang dibentuk berlandaskan Peraturan Presiden No. 75 Tahun 2014 yang diubah dengan Peraturan Presiden No. 122 Tahun 2016.

Tujuan KPPIP dibentuk adalah untuk mendorong Proyek Infrastruktur Prioritas (PIP) dan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sementara salah satu fungsi KPPIP adalah melakukan pemantauan kemajuan PSN dan melakukan evaluasi atas usulan proyek dan perubahan daftar proyek pada program PSN.

Jokowi Ulang Tahun ke-62, 18 Proyek ini Berhasil Dirampungkan di Semester II 2022

Jokowi ulang tahun
Proyek Strategis Nasional Bandara Komodo (Foto: Instagram/alien.dc)

Jokowi bersama KPPIP pada semester II 2022 berhasil merampungkan 18 Proyek Strategis Nasional (PSN).

Proyek percepatan tersebut guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui percepatan pembangunan infrastruktur sektor energi, teknologi, jalan dan transportasi.

Tujuannya ialah untuk menekan biaya logistik, sektor air bersih dan sanitasi untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.

BACA JUGA:  Seorang Guru Meninggal Akibat Kecelakaan di Perempatan Wojo, Ringroad Selatan Jogja

Selain itu juga bertujuan pada sektor Pengembangan Wilayah dan Kawasan untuk pemerataan ekonomi di seluruh Kawasan di Indonesia.

18 PSN dinyatakan selesai yang terdiri dari pengembangan dan 6 proyek sektor bendungan dan irigasi, 1 proyek sektor energi, 5 proyek ketenagalistrikan, 2 proyek sektor pelabuhan, 1 proyek sektor perumahan dan 1 proyek sektor kereta api.

Kontributor 1