8 Isi Tas Darurat Bencana Wajib Disiapkan, Ini Jenis Obat-obatan yang Harus Dimasukkan

HARIANEJOGJA – Isi tas darurat bencana wajib untuk dipersiapkan warga Indonesia apalagi wilayah nusantara yang berada di kawasan rawan bencana secara geologi.

Isi tas darurat bencana di bawah ini sebaiknya dimasukkan ke dalam satu tas yang ringkas untuk dibawa saat sedang menghadapi kondisi darurat.

Isi tas darurat bencana juga sebaiknya disimpan di tempat yang aman namun mudah untuk diraih sehingga tidak butuh waktu lama untuk menyelamatkan diri.

Pada umumnya, isi tas siaga bencana ini meliputi dokumen penting, obat-obatan, hingga perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di kondisi serba terbatas.

BACA JUGA:  Tips Mengatasi Kecanduan Pornografi, Nomor 5 Penting Bagi yang Sudah Menikah

Apa Itu Tas Darurat Bencana?

Seperti artikel yang sudah ditayangkan di Hariane.com dengan judul ‘8 Barang Wajib Dalam Tas Siaga Bencana untuk Antisipasi Banjir dan Gempa Bumi yang Sedang Melanda Indonesia’ pada Rabu, 23 November 2022, tas siaga bencana atau Emergency Preparedness Kit merupakan tas yang berisi barang-barang kebutuhan rumah tangga penting untuk keadaan darurat.

Tas ini bisa menjadi antisipasi ketika bencana terjadi. Jadi, kita hanya perlu membawa tas ini saja dan tidak perlu panik lagi mencari barang-barang.

Umumnya, tas bencana yang digunakan harus terbuat dari bahan anti air dan cukup kuat menahan beban yang akan dibawa.

Lalu apa saja isi tas darurat bencana yang harus dimasukkan? Apakah perlu semua barang diikutsertakan? Cukup membawa barang-barang penting, yang sekiranya bisa memenuhi kebutuhan selama 72 jam, ketika bencana melanda.

Rekomendasi Isi Tas Darurat Bencana yang Mesti Disiapkan Mulai Sekarang

Agar tidak bingung, simak beberapa barang yang wajib ada di dalam tas siaga bencana berikut ini.

1. Surat-surat berharga

isi tas darurat bencana
Dokumen dan surat berharga wajib untuk masuk ke dalam tas darurat terutama yang berharga. (Foto: Freepik/pressfoto)
Dyah Ayu