3 Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh 6 – 8 Januari 2023, Salah Satu Sunah Umat Muslim

HARIANEJOGJA – Keutamaan puasa Ayyamul Bidh perlu diketahui oleh setiap umat muslim. Ayyamul Bidh termasuk puasa sunah yang dapat dikerjakan setiap pertengahan bulan.

Keutamaan puasa Ayyamul Bidh dapat dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada 13, 14, dan 15 setiap bulan berdasarkan kalender Hijriah. Awal tahun ini, puasa Ayyamul Bidh jatuh pada 6 – 8 Januari 2023.

Lalu apa saja keutamaan puasa Ayyamul Bidh? Simak penjelasan berikut ini.

Puasa Ayyamul Bidh disampaikan oleh Ustaz Abdul Somad melalui kanal Youtube Ilmu Berguna, sebagai hari putih, di mana kata ayyam berarti hari, sedangkan bidh berarti putih.

Alasan penyebutan tersebut didasari oleh bulan terang benderang menyinari bumi yang gelap selama tiga hari itu, seolah-olah bumi menjadi putih. Begitu pula manusia dengan khilaf, salah, dan dosa hitam yang ingin menjadi seputih cahaya.

BACA JUGA:  Bongkar Alasan Aldila Jelita Gugat Cerai Dirinya, Indra Bekti: Karena Sudah Lelah

3 Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

1. Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Puasa Ayyamul Bidh
Ilustrasi puasa sepanjang tahun (Foto:Pixabay/sunbeamphoto)

Dilansir dari kanal Youtube Kepoin Islam Official, keutamaan puasa Ayyamul Bidh yang pertama adalah seperti puasa sepanjang tahun.

Dari Abdullah bin Amr bin Ash, Rasulullah Shallallahu’ Alaihi Wasallam bersabda: “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR Bukhari)

Mengapa demikian? Disampaikan bahwa umat islam yang berpuasa sunah selama satu hari, maka kebaikan yang didapatkan setara dengan 10 hari kebaikan.

Admin