Harga Kebutuhan Pokok di Kota Yogyakarta Mulai Naik, Segini Harga Cabai dan Beras Jelang Nataru 2023

HARIANEJOGJA – Harga kebutuhan pokok di Kota Yogyakarta terpantau mulai mengalami kenaikan jelang liburan Nataru atau Natal dan Tahun Baru.

Beberapa harga kebutuhan pokok di Kota Yogyakarta yang mulai merangkak naik antara lain adalah cabai, telur, dan juga beras.

Penyebab harga kebutuhan pokok di Kota Yogyakarta mulai naik di antaranya disebabkan karena permintaan tinggi dan juga stok yang disalurkan oleh distributor.

Meski mulai naik menjelang tutup tahun 2022, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak melakukan panic buying alias memborong.

BACA JUGA:  Tampil Heboh dan Memukau, Putri Mendapat Golden Buzzer di America’s Got Talent 2023

Harga Kebutuhan Pokok di Kota Yogyakarta Naik Pada Komoditas Ini

harga kebutuhan pokok di kota yogyakarta
Selain cabai, komoditas telur juga mengalami kenaikan meski kini diklaim sudah turun lagi. (Ilustrasi: Unsplash/Katherine Chase)

Dilansir dari laman Pemkot Jogja, Analis Kebijakan Ahli Muda Kelompok Substansi Ketersediaan dan Pengendalian Harga Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Evi Wahyuni menyempaikan beberapa komoditas yang mengalami naik harga.

Menurut Evi, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan antara lain cabai merah keriting dari harga Rp 30.000 per kg menjadi Rp 35.000 per kg, cabai merah besar dari harga Rp 35.000 per kg menjadi Rp 40.000 per kg.

Selain cabai, makanan pokok pun juga mengalami kenaikan harga di mana beras premium dari harga Rp 9.500 per kg menjadi Rp 11.000 per kg, sedangkan jenis medium dari harga Rp 10.000 per kg menjadi Rp 11.500 per kg.

Naiknya harga kebutuhan pokok di Kota Yogyakarta juga dialami oleh telur yang sempat menyentuh angka Rp 30.000 per kg tapi kini sudah turun jadi Rp 28.000 per kg.

Dyah Ayu