Alasan Kawasaki Tidak Jual Motor Matic Di Indonesia, Bukan Karena Takut Tidak Laku

HARIANE JOGJA – Alasan Kawasaki tidak jual motor matic di Indonesia mungkin pernah terlintas di pikiran para pengamat industri roda dua tanah air.

Wajar saja, pasalnya alasan motor matic Kawasaki tidak nampak di Indonesia tidak pernah secara gamblang disampaikan oleh perusahaan asal Jepang tersebut.

Motor Kawasaki di Indonesia lebih dikenal di segmen kendaraan sport. Meskipun sebenarnya pabrikan Jepang tersebut memiliki beberapa model motor matic, namun tidak ada yang dipasarkan di Indonesia.

Lalu, kira – kira apa alasan dibalik keputusan Kwasaki tersebut? Berikut informasinya, yang diwartakan dalam kanal YouTube MOTO Z.

BACA JUGA:  4 Resep Buka Puasa Rumahan Ala Chef Vindex, Istimewa dan Gampang

Kawasaki Pernah Gagal di Segmen Motor Kecil

Alasan Kawasaki tidak jual motor matic
Kawasaki sangat identik dengan motor sport di Indonesia (Foto: Pixabay/ggcampos)

Kawasaki merupakan merek sepeda motor yang memiliki aura premium di pasar Indonesia.

Hal tersebut karena saat ini pabrikan asal Jepang tersebut hanya menjual motor mahal yang menyasar pasar menengah ke atas.

Kawasaki mulai menancapkan citranya sebagai pabrikan motor premium melalui Ninja 250 R yang dirilis 2008 lalu.

Namun, mungkin banyak yang lupa bahwa motor Kawasaki di Indonesia sebenarnya pernah bermain di segmen pasar kendaraan komuter yang menyasar pasar lebih luas.

Contohnya adalah Kawasaki Blitz R dan Athlete yang masing – masing merupakan motor bebek yang ditujukan untuk penggunaan sehari – hari.

Penerimaan pasar yang buruk terhadap dua produk tersebut, ditambah dengan harganya yang termasuk tinggi di kelasnya, menjadikan dua motor kecil tersebut tidak memiliki umur yang panjang di pasaran Indonesia.

Admin