Pertama Kalinya, Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia Mendarat di Indonesia Hari ini

HARIANE JOGJA – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pesawat penumpang terbesar di dunia mendarat di Indonesia.

Pesawat penumpang terbesar di dunia dari maskapai internasional EMIRATES ini menggantikan pesawat superjumbo Boeing 777-300ER yang biasanya digunakan di jalur penerbangan Dubai-Denpasar-Dubai.

Pesawat penumpang Emirates A380 yang akan mendarat hari ini, Kamis 1 Juni 2023 pukul 16:35 WITA mempunyai beberapa fakta menarik.

BACA JUGA:  Penurunan Stunting Kota Jogja Peringkat Pertama, Pemkot Pasang Target untuk 2024

Fakta Pesawat Penumpang Terbesar Di Dunia

Pesawat superjumbo Emirates A380 buatan perusahaan Airbus ini sangat besar.

Berdasarkan spesifikasi dari Emirates, pesawat ini memiliki panjang sepanjang 2 ekor paus biru dan setinggi 5 ekor jerapah. Tepatnya, pesawat Airbus A380 ini memiliki panjang 72,7 meter dan tinggi 24,1 meter.

Pesawat penumpang ini memiliki dua tingkat ruangan untuk penumpang. Tingkat utama atau deck pesawat superjumbo ini memiliki lebar 6,59 meter. Dek kedua atau de katas memiliki lebar 5,92 meter.

Jangkauan maksimal pesawat Airbus A380 milik maskapai Emirates ini ialah 15.000 km dengan kecepatan maksimal 0,85 mach atau 1.013 kilometer per jam.

Sedangkan untuk ketinggian terbang, maksimal 43.100 kaki. Lebar sayap pesawat berbadan lebar terbesar di dunia ini 79,8 meter.

BACA JUGA:  Anak Pejabat DJP Jaksel Terlibat Penganiayaan di Pesanggrahan, Terungkap 3 Hal Mengejutkan
pesawat penumpang terbesar di dunia
Pendaratan pesawat penumpang terbesar di dunia di bandar udara international Ngurah Rai 1 Juni 2023 16:35 WITA.(Foto: Emirates)

Seperti diwartakan Albawaba, Faik Fahmi, Presiden Direktur PT Angkasa Pura I selaku operator Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali mengatakan bahwa siap menerima pendaratan pesawat penumpang terbesar di dunia ini.

Faik juga berharap bahwa dengan beroperasinya Emirates A380 ini, Indonesia khususnya Bali akan menerima dampak positif. Tidak hanya melonjakknya jumlah wisatawan, tapi juga melonjaknya bisnis dan Kerjasama.

Kontributor 9