Jadwal Gerhana Matahari dan Bulan 2023, Tiga Diantaranya Dapat Disaksikan di Indonesia

HARIANE JOGJA – Jadwal gerhana matahari dan bulan 2023 perlu diketahui untuk menyaksikan beberapa fenomena astronomis yang akan terjadi di sepanjang tahun ini.

Jadwal gerhana matahari dan bulan 2023 terdiri dari dua gerhana matahari dan dua gerhana bulan. Tiga diantaranya dapat disaksikan di Indonesia.

Kapan saja jadwal gerhana matahari dan bulan 2023 akan terjadi? Simak informasi lengkapnya berikut.

Dilansir dari laman Edukasi Sains Antariksa dan Instagram Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), berikut jadwal gerhana matahari dan bulan 2023 yang dapat disaksikan sepanjang tahun ini.

BACA JUGA:  4 Fakta Menarik Leandro Paredes, Pemain Timnas Argentina yang Berhasil Jebol Gawang Indonesia

Jadwal Gerhana Matahari dan Bulan 2023

1. Gerhana Matahari Hibrida

Gerhana Matahari
Salah satu fase gerhana matahari hibrida (Foto:Pixabay/leoleobobeo)

Gerhana matahari hibrida adalah fenomena dua macam gerhana matahari yang terjadi dalam satu waktu secara berurutan. Gerhana ini dapat disaksikan di Indonesia pada 20 April 2023 (ramadan).

Gerhana hibrida dimulai dengan gerhana matahari cincin yang berubah menjadi gerhana matahari total, kemudian kembali menjadi gerhana matahari cincin dalam waktu yang singkat.

Lokasi yang akan dilalui gerhana matahari hibrida, meliputi Pulau Kisar, Pulau Maopora, Pulau Damar, Pulau Watubela, Kepulauan Antalisa, Randepandai, Roswar, Pulau Num, Wooi, Serui, dan Biak Kota.

Kontak gerhana matahari sebagian masih bisa disaksikan oleh 38 ibukota provinsi di Indonesia. Informasi selengkapnya terkait lokasi dan waktu kontak gerhana dapat diakses melalui akun Instagram @lapan_ri.

Admin