Klasemen Akhir ASEAN Para Games, Indonesia Hattrick 3 Kali Juara Umum

HARIANE JOGJA – Seluruh pertandingan dari semua cabang olah raga selesai digelar, akhirnya klasemen akhir Asean Para Games yang digelar di Kamboja pada 3-9 Juni 2023 membuat Indonesia berhasil berada di urutan pertama.

Dengan demikian sudah dipastikan Indonesia berhasil menjadi juara umum dan hattrick sebanyak 3 kali berturut-turut pada ajang olah raga tersebut.

Terhitung Indonesia menjadi juara sejak Asean Para Games 2017 yang digelar di Malaysia, Asean Para Games 2022 sebagai tuan rumah, dan pada 2023 di Kamboja.

Meskipun menjadi juara umum selama 3 kali berturut-turut, pada klasemen akhir Asean Para Games tahun ini perolehan medali yang berhasil dibawa pulang masih belum cukup untuk melampaui pencapaian tahun lalu.

Dilansir dari akun resmi Twitter Kemenpora RI, perolehan medali pada ajang Asean Para games tahun ini mencapai 159 emas, sedangkan perolehan medali pada Asean Para Games tahun lalu, Skuad Garuda berhasil mendapat 175 emas.

Kendati demikian, perolehan medali yang sudah berhasil dibawa pulang oleh tim Skuad Garuda pada Asean Para Games tahun ini sudah mencapai target, yakni 130 emas.

Pencapaian ini adalah sebuah prestasi meningat pada tahun ini Indonesia bukan sebagai tuan rumah.

Klasemen Akhir Asean Para Games
Tim basket kursi roda putra saat bertanding pada ajang Asean Para Games 2023 (Foto: Website/Kemenpora RI)
BACA JUGA:  Kronologi Kasus Mutilasi di Pakem Sleman, Pelaku Sempat ke Warmindo Setelah Membunuh Korban

Di sisi lain, Kamboja sebagai tuan rumah pada ajang Asean Para Games ini hanya berada di urutan ke 8 pada klasemen akhir Asean Para Games. Sedangkan di urutan kedua diisi oleh Thailand dengan 126 emas dan posisi ketiga ada Vietnam dengan 66 emas.

Kontributor 12