Angin Puting Beliung Imogiri 6 Desember 2022, BPBD Bantul: Waspadai Perubahan Cuaca

HARIANEJOGJA – Angin puting beliung Imogiri yang terjadi pada Selasa siang, 6 Desember 2022 menyebabkan puluhan rumah dan bangunan lainnya mengalami kerusakan.

Kerusakan yang disebabkan karena angin puting beliung Imogiri sebagian besar adalah pada bagian atap yang runtuh dan pecah akibat terjangan angin berkecepatan tinggi.

Selain bangunan tempat tinggal, angin puting beliung Imogiri juga sebabkan bangunan sekolah, kandang ternak, dan tempat ibadah mengalami kerusakan.

BPDB Bantul yang langsung menerjunkan personel ke lokasi mengimbau masyarakat agar mewaspadai perubahan cuaca di musim hujan.

BACA JUGA:  Sasar Kelompok Pelajar di Bantul, Kominfo Gelar Talkshow Literasi Digital

Penampakan Lokasi Pasca Diterjang Angin Puting Beliung Imogiri Siang Ini

angin puting beliung imogiri
Angin puting beliung Imogiri rusak sejumlah bangunan tempat tinggal, fasilitas umum, hingga kandang ternak. (Foto: Instagram/bpbdbantul)

Angin puting beliung adalah pusaran angin dengan kecepatan yang tinggi dan disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan dalam suatu sistem cuaca. Biasanya bersamaan dengan datangnya angin ini dalah langit yang mendung dan suara angin yang bergemuruh.

Fenomena alam tersebut terjadi di sebuah desa di Kalidadap, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Angin yang berpusar di wilayah ini menyebabkan puluhan rumah porak poranda, tapi tidak ada laporan korban jiwa atau korban terluka.

Dilansir dari keterangan yang diunggah Polda Jogja, Kapolsek Imogiri Kompol Suharno, M.Kom., Ceh., CHFI. menyebutkan bahwa ada sekitar 28-30 rumah mengalami kerusakan yang sebagian besar terjadi pada bagian atapnya.

Dyah Ayu