Tips Diet Keto untuk Pemula, Perhatikan 5 Hal Berikut

HARIANE JOGJA – Diet keto untuk pemula yang banyak dibahas di forum-forum sosial media banyak bertumpu pada mengurangi asupan karbohidrat. Cara ini dipercaya efektif menurunkan berat badan.

Diet keto adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Kegiatan ini befokus pada pengurangan asupan karbohidrat sehari-hari secara drastis.

Sebagai gantinya, lemak akan digunakan sebagai bahan bakar tubuh untuk tenaga dalam berkegiatan. Diet keto yang dilakukan dengan rutin akan membuat tubuh berada dalam metabolisme ketosis, yakni fase di mana tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar untuk berkegiatan.

BACA JUGA:  5 Faktor Penyebab Ketindihan, Benarkah Ada Makhluk Halus? Ini Penjelasannya

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Diet Keto untuk Pemula

Dilansir dari Healthline, berikut lima hal yang wajib diperhatikan untuk pemula yang ingin melakukan diet keto.

1. Ketahui Versi Diet Keto yang Akan Dilakukan

Terdapat beberapa versi diet keto yang dapat dipilih. Diantaranya adalah diet ketogenik standar, diet keto bertarget, dan diet keto protein tinggi.

Diet keto standar sangat rendah konsumsi karbohidrat sebanyak 10% dari total asupan sehari. Porsi paling banyak diduduki oleh lemak sebanyak 70%. Diet keto  bertarget menggunakan konsumsi karbohidrat lebih banyak dibanding yang standar.

Diet keto untuk pemula
Diet keto untuk pemula dan asupan makanan yang disarankan. (Foto: Unsplash: Louis Hansel)

Sementara diet keto protein tinggi mengharuskan pelakunya mengkonsumsi protein dalam jumlah yang tinggi dan menambahkan kegiatan olahraga di dalamnya.

Kontributor 11