Jajanan Chiki Ngebul Bikin Keracunan, Simak Cara Pertolongan Pertamanya

HARIANE JOGJA – Jajanan Chiki Ngebul telah dipastikan berbahaya untuk dikonsumsi. Hal ini tertuang pada surat keputusan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan 6 Januari 2023 lalu.

Jajanan Chiki Ngebul masih sering dijual dan dikonsumsi anak-anak meskipun berbahaya. Zat berbahaya yang dimaksud dalam jajanan tersebut adalah nitrogen cair.

Jajanan Chiki Ngebul dapat memiliki asap karena nitrogen cair tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa nitrogen cair merupakan zat yang sangat berbahaya bila terkena kontak langsung dengan tubuh.

BACA JUGA:  Ramai Jajanan Chiki Ngebul, Ternyata Sangat Berbahaya!

Dilansir dari laman Poison Control, nitrogen cair yang sama dalam jajanan Chiki Ngebul dapat menyebabkan luka bakar, melepuh, dan cedera radang dingin yang parah.

Luka tersebut lebih mengerikannya lagi akan terjadi dalam hitungan detik setelah terpapar. Kerusakan kulit akibat paparan LN mungkin cukup luas sehingga memerlukan pembedahan atau amputasi.

Selain bahaya dari nitrogen cair, bahaya dari asap jajanan Chiki Ngebul juga bisa ditemui.

Menghirup uap dingin yang dilepaskan oleh nitrogen cair dalam jajanan ini dapat memicu masalah pernapasan, terutama bagi orang-orang dengan penyakit pernapasan dasar seperti asma.

Yang lebih memprihatinkan lagi adalah bahwa nitrogen cair dalam jajanan Chiki Ngebul merupakan zat asfiksia. Artinya, ia menggantikan oksigen di udara.

Jika terhirup, terutama di ruang tertutup tanpa ventilasi yang baik, konsentrasi oksigen dapat menjadi sangat rendah dan menyebabkan pusing, tidak sadarkan diri, dan bahkan kematian.

Pertolongan Pertama pada Kasus Keracunan Nitrogen Cair dalam Jajanan Chiki Ngebul

Menurut salah satu dokter spesialis anak, dr. Shela P. Sundawa, lewat akun Twitter pribadinya @oxfara, cara yang dapat dilakukan untuk menolong korban tertelan nitrogen cair dari jajanan yang mengandung bahan ini adalah dengan membawanya segera ke fasilitas rumah sakit terdekat.

Admin