Hukum Sholat Tarawih dan Keutamaan, Ibadah Sunnah yang Mampu Menghapus Dosa

HARIANE JOGJA – Hukum sholat Tarawih merupakan ilmu yang wajib untuk dipahami oleh umat muslim, terutama selama Bulan Ramadhan.

Pasalnya keutamaan sholat Tarawih yang dilaksanakan selama bulan puasa merupakan ibadah dengan derajat pahala dan keistimewaan yang luar biasa.

Shalat Tarawih adalah ibadah yang khusus dilaksanakan pada malam hari selama bulan Ramadhan. Sholat bisa dilakukan di rumah sendirian atau berjamaah di masjid dengan jumlah rakaat minimal 8.

Hukum Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

Selain ibadah puasa, salah satu yang spesial di bulan Ramadhan adalah sholat Tarawih. Ritual yang dilakukan setelah sholat Isya ini memiliki keutamaan dan pahala yang besar.

Syekh Taqiyuddin al-Hishni dalam karyanya Kifayatul Akhyar menegaskan bahwa kesunnahan sholat Tarawih merupakan kesepakatan seluruh ulama dari berbagai mazhab, tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyelisihi konsensus tersebut.

BACA JUGA:  Chelsea Gelar Buka Puasa Bersama di Stamford Bridge, Koulibaly: Semua Orang Senang Bisa Makan Bersama

Al-Hishni mengatakan, dilansir dari situs NU:

Adapun shalat tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunnahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunnahannya, yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang” (Syekh Taqiyuddin al-Hishni, Kifayah al-Akhyar, hal. 89).

Dengan demikian, hukum menjalankan sholat Tarawih menurut Islam adalah sunnah, artinya tidak wajib tapi akan mendapat pahala bagi yang menjalankannya.

Keutamaan Sholat Tarawih

hukum sholat Tarawih
Tidak hanya bisa menghapus dosa, sholat Tarawih juga bisa meramaikan masjid. (Foto: Unsplash/Rumman Amin)
Admin