Kehadiran Kraton Yogyakarta dalam Pernikahan Kaesang dan Erina, Mulai dari Siraman Hingga Akad Nikah

HARIANEJOGJA – Akad nikah pernikahan Kaesang dan Erina telah dilangsungkan pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Sleman.

Pernikahan Kaesang dan Erina pun turut dihadiri pejabat-pejabat negara dan juga kalangan selebritis. Terlihat Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama dengan GKR Hemas pun juga berada di antara tamu undangan.

Tidak hanya hadir pada acara akad pernikahan Kaesang dan Erina, GKR Hemas juga diketahui hadir dalam upcara adat siraman yang dilaksanakan satu hari sebelumnya di kediaman mempelai wanita.

Turut terlibat dalam prosesi adat pernikahan anak bungsu Presiden RI Joko Widodo, GKR Hemas pun mengatakan kebanggaannya karena masih ada anak muda yang melestarikan budaya Jawa dalam upacara pernikahan yang sakral.

BACA JUGA:  Jadwal dan Rute Pernikahan Kaesang dan Erina di Jogja, Hindari Jalan Berisiko Macet Ini

Pernikahan Kaesang dan Erina Penuh dengan Makna Filosofi Prosesi Adat Kraton Yogyakarta

pernikahan kaesang dan erina
Tidak hanya hadir di acara akad, GKR Hemas juga menjadi salah satu penyiram dalam proses siraman mempelai wanita. (Foto: Instagram/gkr_hemas)

Seluruh prosesi upacara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono disiarkan secara langsung melalui YouTube Presiden Joko Widodo, sehingga yang tak bisa hadir pun bisa menyaksikan seluruh rangkaian.

Terlihat dari sejak awal hingga akhir upacara akad nikah menggunakan adat Kraton Yogyakarta yang menjadi kampung halaman mempelai wanita.

Dilansir dari laman Pemda DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono dan GKR Hemas serta KGPAA Paku Alam X bersama istri GKBRAy. A. Paku Alam juga berada di antara tamu undangan.

Dyah Ayu