Hari Kavaleri TNI AD Diperingati 9 Februari, Berikut Sejarah dan Daftar Satuannya di Indonesia Saat ini

HARIANE JOGJA – Hari Kavaleri TNI AD tiap tahunnya diperingati tanggal 9 Februari, di samping Hari Pers Nasional yang juga dirayakan pada tanggal yang sama.

Hari Kavaleri adalah peringatan hari lahirnya satuan kavaleri TNI Angkatan Darat Republik Indonesia yang dicirikan dengan kendaraan lapis baja.

Hari Kavaleri Indonesia diperingati setiap tahun untuk mengingat sejarah dan bagaimana kiprahnya untuk keamanan tanah air yang sudah eksis sejak perang kemerdekaan melawan penjajah.

Sejarah Hari Kavaleri TNI AD yang Diperingati 9 Februari 2023

Dilansir dari laman resmi Perpustakaan Nasional RI, kavaleri berasal dari bahasa Latin caballus dan bahasa Prancis chevalier yang berarti kuda.

Istilah kavaleri mulanya mengacu pada pasukan berkuda, tetapi seiring dengan perkembangan zaman, kavaleri bertempur dengan menggunakan kendaraan lapis baja.

BACA JUGA:  Jadwal dan Prediksi Pertandingan Bologna Vs Juventus, Gontok-Gontokan 10 Besar
hari kavaleri TNI AD
Hari Kavaleri TNI AD diperingati setiap 9 Februari. (Ilustrasi: PIxabay/Wielkicreation)

Sampai saat ini, istilah kavaleri dalam TNI-AD dan Korps Marinir adalah kendaraan berlapis baja, mulai dari roda ban atau roda rantai, baik yang bersenjata kanon ataupun tidak (misal kendaraan angkut personel).

Cikal bakal TNI AD sudah mulai tumbuh selama perang kemerdekaan. Diawali pada periode revolusi fisik 1945–1949, para pejuang Indonesia yang tergabung dalam Bala Keselamatan berhasil merampas kendaraan lapis baja tentara Belanda.

Kendaraan-kendaraan tersebut akhirnya digunakan Badan Keamanan Rakyat (BKR) untuk menghadang sekutu yang melakukan pendaratan di Surabaya.

Admin