Banjir Kali Gendol Merapi Putus Akses Jalan, BMKG Prakirakan Cuaca Hujan Lebat di Kawasan Gunung

HARIANEJOGJA – Banjir Kali Gendol Merapi terjadi pada Selasa sore, 29 November 2022 setelah hujan deras melanda kawasan puncak Merapi di siang hari.

Banjir Kali Gendol Merapi menyebabkan akses menuju Kali Bebeng terputus akibat aliran air bercampur lumpur yang cukup deras dari puncak Gunung Merapi.

Akibat dari banjir Kali Gendol Merapi, warga yang beraktivitas di sekitar lereng gunung diminta untuk waspada terutama dengan adanya potensi banjir lahar dingin.

Sementara itu prakiraan cuaca di lereng Gunung Merapi menurut BMKG terpantau masih diprediksi akan sering hujan di siang hari.

BACA JUGA:  Hotel Ibis dan Malioboro Mall Diambil Alih Pemda DIY, Sultan: Tak Ada PHK

Banjir Kali Gendol Merapi Setelah Hujan Deras Mengguyur Kaliurang

banjir kali gendol Merapi
Hujan di kawasan Gunung Merapi juga menyebabkan kabut tebal. (Foto: Twitter/TRCBPBDDIY)

Kondisi Kali Gendol khususnya bagian selatan Gunung Merapi yang banjir dilaporkan oleh Tim Respon Cepat BPBD DIY pada Selasa sore, 29 November 2022.

Terlihat aliran banjir yang cukup deras berhasil terekam di sisi sebelah timur Bunker Kaliadem. Selain aliran banjir yang cukup berbahaya, kondisi cuaca di sekitar kaki Gunung Merapi juga terpantau dipenuhi dengan kabut yang tebal.

Akibat dari banjir Kali Gandol Merapi, akses jalan menuju ke Kali Bebeng terputus. Sementara itu, lokasi Kali Gendol yang banjir memiliki jarak sekitar 6,5 km dari puncak si selatan Gunung Merapi.

Masyarakat yang beraktivitas atau tinggal di kawasan aliran sungai Kali Gendol diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

Dyah Ayu