7 Cara Mudah Mengatasi Insomnia, Tidur Menjadi Lelap dan Badan Sehat

HARIANE JOGJA – Cara mudah mengatasi insomnia atau gangguan tidur merupakan informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang menderita penyakit ini.

Cara mudah mengatasi insomnia dapat dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya dengan menentukan waktu tidur.

Selain itu, masih ada beberapa cara mudah mengatasi insomnia lainnya yang bisa dicoba untuk mengatasi gangguan penyakit ini.

Namun sebelum membahas cara mudah mengatasi insomnia, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai jenis, penyebab dan akibat dari gangguan tidur ini.

BACA JUGA:  Jadwal Tanggal Merah 2023 dan Cuti Bersama, Kapan Libur Lebaran Tahun Ini?

Dilansir dari kanal Youtube Saddam Ismail, insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang kekurangan waktu tidur padahal waktu yang dimiliki sangat cukup.

Gangguan tidur bisa menimpa siapa saja, mulai dari orang tua, dewasa bahkan remaja. Tidur yang baik berkisar antara 6 sampai 8 jam per hari. Jika kurang maka bisa mempengaruhi fisik dan mental seseorang.

Kualitas dan kuantitas tidur sangat penting karena bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Begadang atau tidak tidur malam membuat tubuh tidak prima, merasa kelelahan bahkan bisa membuat imun tubuh turun.

Penyebab Insomnia

Penyebab insomnia terbagi menjadi 2 macam, seperti disebutkan dalam laman Ciputra Hospital :

1. Penyebab Insomnia Primer

Insomnia primer dapat disebabkan oleh stres seperti perubahan besar kehilangan orang tersayang, pemutusan kerja, perceraian dan lainnya.

Selain itu lingkungan juga mempengaruhi gangguan tidur, seperti pengaruh cahaya, suara bising, atau pun perubahan suhu udara.

Admin