6 Perbedaan Kartu Prakerja Gelombang 49, Tidak Lagi Berfungsi Sebagai Bansos

HARIANE JOGJA – Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 49 sudah dibuka pada Senin, 6 Maret 2023 dan peserta sudah bisa mendaftarkan diri sesuai syarat.

Perbedaan Kartu Prakerja 2023 dibandingkan dengan tahun atau angkatan sebelumnya paling banyak ada pada pemberian insentif kepada peserta.

Insentif Kartu Prakerja yang diberikan lebih besar dibandingkan sebelumnya tapi dengan ketentuan yang lain.

Kartu Prakerja merupakan program beasiswa pelatihan untuk peningkatan kompetensi angkatan kerja Indonesia.

Pendaftaran Kartu Prakerja selalu menjadi hal yang dinantikan karena program ini memberikan banyak manfaat terutama bagi masyarakat yang sedang mencari pekerjaan.

BACA JUGA:  Dinkes Ungkap Penyebab Ribuan Balita Stunting di Sleman, Bukan Karena dari Keluarga Tidak Mampu

Kartu Prakerja Gelombang 49 Sudah Dibuka, Ini Perubahannya

cara buat SIM online
Ketentuan Kartu Prakerja mengalami perubahan di 2023. (Ilustrasi: Pexels/Andrea Piacquadio)

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan/atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Sementara itu, terdapat beberapa perubahan pada Kartu Prakerja 2023 sebagaimana dijelaskan pada akun Instagram @prakerja.go.id.

1. Mulai tahun 2023 Kartu Prakerja hanya akan fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja di mana pada tahun-tahun sebelumnya Kartu Prakerja juga berfungsi sebagai bantuan sosial.

2. Penerima bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Supsidi Upah (BSU), maupun bantuan lainnya kini dapat mendaftar Kartu Prakerja.

Admin