6 Manfaat Grounding bagi Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Kualitas Tidur

HARIANE JOGJA – Manfaat grounding bagi tubuh atau yang juga dikenal dengan sebutan earthing, menarik untuk diketahui karena ternyata punya banyak kebaikan.

Secara singkat, grounding adalah suatu aktivitas yang melibatkan pertemuan langsung antara kulit manusia dengan permukaan bumi.

Efek grounding untuk tubuh jika dilakukan dengan tepat dan teratur, salah satunya ialah dapat meningkatkan kualitas tidur.

Tak hanya itu, bagi wanita, grounding dapat memperbaiki masalah menstruasi dan hormonal.

Apa itu Grounding?

Dilansir dari laman National Library of Medicine, menjelaskan bahwa grounding adalah aktivitas kontak kulit langsung dengan permukaan bumi, seperti menapakkan kaki atau tangan tanpa alas.

Menurut Global Viewpoint, grounding atau berjalan tanpa alas kaki di bumi dapat dilakukan di atas tanah, rumput, atau pasir.

BACA JUGA:  Info Vaksin Jogja Hari Ini di Sleman City Hall, Tersedia 500 Kuota per Hari

Kegiatan ini menjadi sesuatu yang menarik karena memungkinkan manusia terhubung dengan energi alami bumi yang berdampak besar pada kesehatan baik fisik maupun psikis.

Manfaat Grounding bagi Tubuh

Ketika berjalan tanpa alas kaki, tubuh menyerap ion bebas dari permukaan bumi yang berperan sebagai antioksidan yang akan meningkatkan kesehatan dan menimbulkan perasaan positif dalam tubuh.

Grounding dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jika tak ingin sendiri, ajak teman untuk melakukannya.

Jika dilakukan secara rutin, hal ini akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini merupakan efek grounding untuk tubuh:

1. Mengatasi Hipertensi

Manfaat grounding bagi tubuh
Grounding dapat dilakukan di mana dan kapan saja. (Ilustrasi: Pexels/Polina Tankilevitch)
Admin