Sholat Tarawih Berapa Rakaat yang Benar? Apakah 8 atau 20?

HARIANE JOGJA – Sholat Tarawih berapa rakaat seringkali jadi kebingungan bagi umat muslim karena ada banyak perbedaan pendapat dari ulama.

Jumlah rakaat sholat Tarawih bisa berbeda-beda antara satu masjid dengan masjid lainnya, bahkan ada yang sampai dikerjakan hingga dini hari.

Pada umumnya tidak ada perbedaan antara banyaknya rakaat sholat Tarawih di rumah maupun di masjid. Ibadah ini bahkan bisa dilakukan secara sendiri atau tidak berjamaah.

Di Indonesia, umumnya ada sebagian kelompok muslim yang melaksanakan sholat tarawih sebanyak 8 rakaat, sedangkan sebagian lainnya sebanyak 20 rakaat, dan variasi–variasi lainnya.

Agar tidak terus menimbulkan pertanyaan, berikut artikel mengenai sholat tarawih yang benar berapa rakaat.

BACA JUGA:  Upacara Labuhan Keraton Yogyakarta 2023 sebagai Rangkaian Hajad Dalem, Begini Sejarah dan Filosofinya

Masing–masing Memiliki Dalil yang Sah Soal Sholat Tarawih Berapa Rakaat

Sholat Tarawih berapa rakaat
Ada banyak perbedaan pendapat ulama soal jumlah rakaat sholat Tarawih yang benar. (Ilustrasi: Freepik/rawpixel.com)

Perbedaan merupakan hal yang wajar terjadi di masyarakat. Tidak hanya mengenai aspek sosial, bahkan dalam soal agama pun dapat terdapat perbedaan.

Meski begitu, selama perbedaan yang terjadi memiliki dalil yang sah maka sesungguhnya perbedaan tersebut tidak menimbulkan perpecahan, melainkan salah satu dorongan untuk bertoleransi.

Perbedaan dalam beragama, khususnya dalam Islam, yang cukup sering ditemui selama Bulan Ramadhan adalah perbedaan dalam rakaat sholat Tarawih.

Praktik sholat tarawih sering menjadi perdebatan yang tidak kunjung selesai, bahkan sudah sampai pada tingkat klaim bahwa sholat tarawih 20 rakaat adalah bid’ah dengan alasan sholat tarawih dengan jumlah rakaat 8 sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

Admin