Prakiraan Musim Hujan di Jogja Mulai November, Ini Kata BMKG

HARIANE JOGJA – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika merilis informasi soal prakiraan musim hujan di Jogja periode 2023/2024.

Secara umum masyarakat Jogja belum merasakan hujan turun meski di beberapa wilayah seperti di Bantul dan Kaliurang sempat dikabarkan mengalami hujan yang cukup deras.

Hujan yang belum rata ini tentunya mengundang pertanyaan kapan hujan akan mengguyur Jogja secara merata?

BMKG menginformasikan melalui akun Instagram @infobmkgyia pada Kamis, 9 November 2023 bahwa musim hujan di Jogja akan mulai berlangsung pada awal November.

Meski demikian, sebaran dimulainya hujan memang tidak serentak. Berikut adalah prakiraan jadwal awal musim hujan di Jogja selengkapnya:

1. November Dasarian I: Kulon Progo bagian utara
2. November Dasarian II: Sleman bagian utara dan Gunungkidul bagian tengah dan selatan
3. November Dasarian III: Kulon Progo bagian tengah dan selatan, sebagian Bantul bagian barat, Bantul bagian tengah dan selatan, Gunungkidul bagian utara.
4. November Dasarian IV: Kulon Progo bagian tengah dan selatan, sebagian Bantul bagian barat, Bantul bagian tengah dan selatan, Gunungkidul bagian utara.

BACA JUGA:  Info Tiket Prambanan Jazz 2023 Diwarnai Protes Soal Refund yang Tak Kunjung Turun

Sebagai informasi, dasarian adalah rentang waktu selama seupuluh hari di mana dalam satu bulan bisa dibagi menjadi tiga hingga empat dasarian.

Misalnya Dasarian I berarti periode dari tanggal 1 sampai tanggal 10, dan seterusnya.

BMKG Imbau Potensi Cuaca Ekstrim Musim Pancaroba di Jogja

Menjelang masuknya musim hujan di Jogja, BMKG memberikan imbauan kepada masyarakat soal antisipasi bencana hidrometeorologi di Jogja.

Dyah Ayu