Perbedaan Sasis Monokok Vs Ladder Frame, Mana yang Lebih Bagus?

HARIANE JOGJA – Perbedaan sasis monokok vs ladder frame merupakan informasi yang penting untuk diketahui bagi para calon pembeli mobil.

Pasalnya, perbedaan sasis monokok (monocoque) vs ladder frame akan menentukan tidak hanya spesifikasi dan karakter, namun juga harga dari kendaraan yang hendak dipinang.

Lantas seperti apa kelebihan sasis monocoque dan ladder frame? Berikut informasi lengkapnya.

BACA JUGA:  Tempat Wisata di Jogja Penuh Mistis, Rumah Annelies di Studio Alam Gamplong Yogyakarta Dibangun Sejak 2017

Perbedaan Sasis Monokok Vs Ladder Frame

Agar tidak beli kucing dalam karung, berikut informasi mengenai kelebihan sasis monocoque dan ladder frame, diwartakan dalam kanal YouTube FtShare.

Sasis Ladder Frame

Ladder frame adalah
Sasis ladder frame (Foto: Pixabay/RonaldPlett)

Ladder frame adalah sasis paling awal yang diterapkan pada kendaraan. Sasis ini bahkan sudah ada sebelum kendaraan bermotor diciptakan.

Sering disebut dengan sasis gerobak, ciri khas sasis ini adalah posisinya yang terpisah dengan body utama mobil, sama seperti yang sering terpadang pada gerobak sesuai dengan panggilannya.

Sasis ini terkenal dengan kekuatan rangkanya, sehingga sering digunakan pada kendaraan niaga yang harus mengangkut beban berat, seperti truk dan bis. Mobil penumpang seperti Toyota Fortuner juga menggunakan sasis jenis ini, mengacu pada situs Toyota Astra.

Selain kekuatannya, jenis rangka ini juga lebih mudah untuk diproduksi, sehingga harganya bisa lebih murah. Posisinya yang terpisah juga memudahkan perbaikan tanpa mempengaruhi body utama.

Admin