Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Si Manis Penuh Nutrisi

HARIANE JOGJA – Manfaat buah kurma bagi kesehatan ternyata ada banyak sehingga paling sering direkomendasikan sebagai santapan saat Ramadhan.

Manfaat kurma untuk kesehatan ternyata tidak hanya bisa membuat buka puasa jadi lebih nikmat tapi juga bisa untuk pencernaan yang lancar hingga menambah efek olahraga.

Salah satu manfaat kurma untuk diet adalah dari kandungan seratnya yang baik dikonsumsi sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Gambaran Umum Tentang Pohon Kurma

Dilansir dari kanal YouTube Alam Semenit, pohon kurma merupakan tanaman yang diperkirakan berasal dari daerah gersang di Jazirah Arab, Afrika Utara, dan Timur Tengah.

Meski begitu, pembudidayaan pohon kurma telah dilakukan bahkan sejak jaman prasejarah, sehingga asal tanaman bernama latin Phoenix dactylifera ini tidak dapat diketahui secara persis.

BACA JUGA:  Konser Secondhand Serenade di Jogja, Tiketnya Dijual Rp 350 Ribu Bisa Beli di Sini
Manfaat buah kurma bagi kesehatan
Pohon kurma umumnya ditemukan di negara-negara Arab dan Timur Tengah. (Foto: Pexels/Ollie Craig)

Tanaman yang masuk dalam keluarga palem ini membutuhkan 7 hingga 10 tahun untuk tumbuh maksimal dan dapat mulai berbuah.

Pohon kurma terdiri dari pohon jantan dan betina yang terpisah. Penyerbukan pohon kurma secara alami mengandalkan angin, namun dalam pembudidayaan biasanya dilakukan secara manual.

Satu pohon kurma dewasa dapat menghasilkan 70 – 140 kg buah dalam sekali panen.

Buah kurma dalam satu pohon tidak matang dalam waktu yang sama, sehingga panen dilakukan secara bertahap.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Sebagai buah yang memiliki keutamaan dalam agama Islam, sudah tentu kurma merupakan buah dengan segudang manfaat bagi yang mengkonsumsinya.

Admin