7 Makanan Khas Imlek yang Membawa Keberuntungan, Selalu Dihidangkan saat Kumpul Bersama

HARIANE JOGJA – Makanan khas Imlek menjadi hal penting yang tidak boleh dilewatkan oleh keluarga Tionghoa saat merayakan Tahun Baru Cina ini.

Tidak hanya lezat, makanan khas Imlek disajikan karena memiliki makna filosofis mendalam bagi orang yang merayakan. Salah satunya adalah membawa keberuntungan atau hoki.

Apa saja makanan khas Imlek yang membawa hoki? Simak penjelasan berikut.

Imlek merupakan perayaan hari awal penanggalan Tionghoa yang lekat dengan warna merah. Perayaan ini biasanya disambut meriah dengan kembang api dan jamuan makan.

Dalam merayakan Imlek terdapat beberapa makanan khas yang selalu disajikan dan disantap karena memiliki makna filosofis tersendiri.

Dilansir dari kanal YouTube MASKULIN (Masakan Kuliner), berikut beberapa makanan khas Imlek yang selalu dihidangkan untuk merayakan Tahun Baru Cina.

BACA JUGA:  Jelang Perayaan Imlek di Jogja, Permintaan Kue Keranjang Naik 50 Persen

Makanan Khas Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

1. Bebek Panggang Beijing

makanan khas Imlek
Bebek panggang Beijing. (Foto: Freepik/stockking)

Menu khas Imlek yang pertama adalah bebek panggang Beijing. Walau bernama Beijing, bebek panggang ini sebenarnya berasal dari Guangdong.

Dulu hidangan ini sangat terkenal dan sering disajikan untuk para raja. Oleh sebab itu, siapa saja yang makan bebek panggang ini diharapkan dapat semakmur raja.

2. Siu Mie

makanan khas Imlek
Mie goreng Cina. (Foto: Freepik/freepik)

Siu mie atau mie goreng panjang adalah menu khas Imlek yang kedua. Orang Tionghoa juga menyebutnya mie panjang umur atau chang shou mian.

Admin