Kondisi Gunung Merapi Terbaru Januari 2023, Guguran Awan Panas dan Lava Masih Terjadi Sejauh 1,5 KM

HARIANEJOGJA – Berikut ini adalah informasi soal kondisi Gunung Merapi terbaru Januari 2023 yang masih berstatus Level III Siaga sejak 5 November 2020.

Dari data kondisi Gunung Merapi terbaru Januari 2023, aktivitas gunung berapi ini masih masuk ke dalam kategori tinggi.

Selama masa tahun baru, kondisi Gunung Merapi terbaru Januari 2023 mencatat ada 1 kali guguran awan panas dan guguran lava sebanyak 8 kali.

Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) masih memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mengantisipasi abu vulkanik, hingga banjir lahar dingin mengingat Yogyakarta masih mengalami musim hujan.

BACA JUGA:  Kecelakaan di Jogja Hari ini, Anak 4 Tahun Tewas Tertabrak Pick Up di Ngemplak Sleman

Kondisi Gunung Merapi Terbaru Januari 2023 yang Diwarnai Guguran Awan Panas dan Lava

kondisi Gunung Merapi terbaru Januari 2023
Kali Gendol yang jadi aliran lahar Gunung Merapi menjadi salah satu wilayah yang mesti diwaspadai jika aktivitas vulkanik sedang meningkat. (Foto: Instagram/rizky_pria_utama)

Gunung Merapi masih berstatus Level III Siaga yang ditetapkan sejak 5 November 2020 karena aktivitas vulkanik yang tetap aktif.

BPPTKG memberikan laporan soal aktivitas Gunung Merapi selama periode 30 Desember 2022 hingga 5 Januari 2023.

Dari data pengamatan, Gunung Merapi dalam satu minggu tersebut terjadi 1 kali awan panas guguran ke arah barat daya sejauh 900 meter. Selain itu, terjadi pula 1 kali guguran lava sebanyak 8 kali ke arah barat daya atau hulu kali Bebeng dan Kali Putih sejauh maksimal 1,5 km.

Dyah Ayu