6 Khasiat Lidah Buaya, Ternyata Bisa Untuk Membersihkan Sisa Make Up

HARIANE JOGJA – Khasiat lidah buaya sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas terutama untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat lidah buaya yang sangat populer bahkan seringkali dijadikan sebagai bahan kandungan produk kosmetik dengan berbagai fungsi dan kegunaan.

Tanaman dengan nama lain aloe vera ini dianggap dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan efektif sebagai obat pencahar.

Lidah buaya dapat dimanfaatkan melalui gel dan lateks nya, gel lidah buaya yang berwarna bening ini sering digunakan sebagai kandungan utama pada salep, lotion, krim, dan sebagainya.

Sedangkan di bagian lateksnya dapat dimanfaatkan untuk membuat zat-zat kering, seperti suplemen.

Selain diproduksi sebagai obat-obatan, lidah buaya juga dimanfaatkan secara alami untuk merawat kesehatan rambut dan kulit.

BACA JUGA:  Makeup Bukan Penyebab Jerawat, Simak Penjelasan Berikut Jangan Sampai Keliru!

Khasiat Lidah Buaya yang Bermanfaat bagi Tubuh

Khasiat lidah buaya
Khasiat lidah buaya. (Ilustrasi: Freepik/jcomp)

Kegunaan lidah buaya tak diragukan lagi, tanaman ini telah digunakan secara turun temurun untuk pengobatan.

Dilansir dari laman Dinas Kesehatan Palangkaraya, lidah buaya secara ilmiah dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti di bawah ini.

1. Pembersih Make Up Alami

Lidah buaya untuk wajah dapat digunakan membersihkan sisa make up secara alami, dengan mengoleskan gel yang terkandung dalam lidah buaya.

Bertekstur lembut, lidah buaya terbilang ramah dan cocok untuk kulit. Bagi kulit yang sensitif lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk pembersih make up.

2. Gatal dan Ruam Pada Mulut dan Kulit

Gatal dan ruam pada mulut dan kulit dapat diobati dengan kandungan lidah buaya. Lidah buaya bisa dijadikan sebagai larutan obat kumur.

Kandungan berupa lateks dan gel di dalam obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa gatal-gatal dan ruam pada mulut apabila digunakan 3 kali sehari dalam 3 bulan.

Gel yang terkandung dalam lidah buaya alami, juga dapat diaplikasikan pada kulit yang gatal sebanyak dua kali sehari selama 2 bulan untuk mengurangi rasa gatal-gatal.

3. Cold Sore atau Luka Pada Bibir Akibat Virus Herpes

Manfaat lidah buaya juga sebagai antivirus yang dapat mencegah penyakit yang berada pada bibir akibat luka virus herpes.

Luka pada bibir dapat diatasi dengan mengoleskan krim dengan ekstrak lidah buaya 0,5 persen selama tiga kali sehari.

Pengobatan secara rutin dengan kandungan ekstrak lidah buaya di dalamnya bisa mempercepat proses penyembuhan luka akibat virus herpes simpleks.

BACA JUGA:  7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Lengkap dengan Cara Penyajian Terbaiknya

4. Psoriasis

Khasiat lidah buaya selanjutnya bisa mengobati Psoriasis atau kondisi ketika sel-sel kulit menumpuk dan menghasilkan bercak bersisik yang gatal dan kering.

Caranya adalah dengan menggunakan krim yang terdapat kandungan lidah buaya sekitar 0,5 persen selama 1-2 bulan untuk meredakan psoriasis.

Tapi, hasil tersebut tidak terlihat jika hanya memakai gel alami lidah buaya saja.

5. Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Kulit yang terbakar akibat terlalu banyak terpapar sinar matahari menjadi hal yang perlu dihindari untuk kesehatan kulit.

Menggunakan lotion atau pelembap yang mengandung lidah buaya mampu meredakan kulit yang terbakar sinar matahari.

Tak hanya itu kandungan lidah buaya untuk wajah dapat mengembalikan kelembaban kulit yang hilang akibat paparan ultraviolet berlebih, sehingga kulit terasa lebih nyaman.

6 Konstipasi

Konstipasi atau sembelit ialah kondisi seseorang buang air besar kurang dari 3 kali seminggu atau kesulitan buang air besar.

Kandungan lidah buaya juga berkhasiat menyembuhkan sembelit, lateks lidah buaya mengandung bahan kimia yang efektif sebagai obat pencahar.

Namun, penggunaan lateks sebagai obat sembelit juga bisa menyebabkan efek samping diare.

Itulah 6 khasiat lidah buaya secara ilmiah yang wajib diketahui untuk mengatasi masalah tubuh terutama bagian kulit. **** (Kontributor : Ahmad Faizal)

Baca artikel menarik lainnya di Hariane.com

Kontributor 1