Kenapa Ban Balap Gundul Tanpa Alur, Jangan Dipakai Harian

HARIANE JOGJA – Alasan kenapa ban balap gundul tanpa alur mungkin belum banyak diketahui oleh kebanyakan masyarakat.

Pasalnya, kenapa ban balap gundul tanpa alur memiliki beberapa alasan yang spesifik sesuai dengan peruntukannya, sehingga banyak orang yang awam dengan dunia balap mungkin tidak familiar.

Selain penjelasan soal kenapa ban balap gundul tanpa alur, ada juga jawaban soal bisakah ban untuk balapan digunakan untuk kendaraan harian.

Berikut alasan kenapa ban balap harus gundul dan berbeda dengan ban kendaraan bermotor harian, dilansir dari YouTube FDR tire.

BACA JUGA:  Alasan Kawasaki Tidak Jual Motor Matic Di Indonesia, Bukan Karena Takut Tidak Laku

Kenapa Ban Balap Gundul Tanpa Alur? Beda Fungsi Balapan dengan Transportasi Harian

Kenapa ban balap gundul tanpa alur
Ilustrasi ban balap mobil (Ilustrasi: Unsplash/Philip Myrtorp)

Secara umum ban balap dan ban harian memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu sebagai komponen utama yang mendukung fungsi utama kendaraan untuk berpindah tempat.

Namun, ban balap tentu memiliki perbedaan dengan ban harian. Ban balap sejak awal didesain untuk balapan, sehingga target yang ingin dicapai berbeda.

Dalam balapan, ban akan menghadapi tekanan yang luar biasa, mulai dari akselerasi dan deselerasi yang instan dan sering, panas yang tinggi, dan juga harus mampu melekat pada lintasan dengan baik.

Sehingga ban balap biasanya didesain dengan kompon yang lebih lunak agar dapat mencengkram lintasan dengan baik. Ban balap pun didesain akan bekerja dengan baik pada suhu tinggi, yang jadi kondisi umum dihadapi selama balapan.

Admin