Kenali Tanda Penyakit Hoarding Disorder, Salah Satunya Gemar Menimbun Barang Berlebihan

HARIANE JOGJA – Tanda penyakit hoarding disorder berikut penting untuk diketahui karena ternyata dapat dikenali melalui perilaku seseorang dalam kesehariannya.

Salah satu gejala hoarding disorder yang paling mudah terlihat adalah seseorang memiliki hobi menyimpan benda-benda yang sudah tidak terpakai, seringkali dalam jumlah yang banyak.

Hoarding disorder adalah salah satu gangguan mental yang bisa berdampak pada aspek lain kehidupan penderitanya, bahkan berisiko membahayakan keselamatan.

Kebanyakan orang pasti pernah mengalami kesulitan ketika hendak membuang barang-barang kesayangannya walaupun sudah tidak terpakai.

Namun kesulitan untuk membuang barang yang rusak tersebut apabila terus dilakukan akan memenuhi rumah sehingga tidak nyaman untuk dihuni.

BACA JUGA:  10 Cara Mengendalikan Emosi dan Kemarahan, Lakukan Hal Sederhana Berikut Agar Tetap Tenang

Kenali Tanda Penyakit Hoarding Disorder

Tanda Penyakit Hoarding Disorder
Salah satu gejala hoarder adalah tidak bisa membuang barang yang sebenarnya sudah tidak berguna. (Ilustrasi: Freepik/freepik)

Seperti yang dijelaskan di laman American Psychiatric Assosiation, hoarding disorder adalah perilaku menimbun barang-barang yang tidak terpakai dan cenderung kesulitan untuk membuang maupun berpisah dengan barang-barang tersebut.

Merasa sulit membuang batang karena benda-benda itu dianggap memiliki nilai sentimental, bersejarah dan akan berguna di kemudian hari.

Mulai dari koran, buku, makanan, pakaian, struk belanja, alat rumah tangga, tas plastik, tanaman, hewan, hingga barang-barang bekas yang sudah kotor dan rusak.

Admin