5 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Pemiliknya, Nomor 4 Banyak yang Belum Tahu

HARIANE JOGJA – Ada segudang manfaat memelihara kucing bagi kesehatan, yang mungkin kerap kali tak disadari pemiliknya. Padahal bagi banyak orang, hanya dengan melihat tingkahnya yang lucu saja sudah menyenangkan.

Meski demikian, manfaat memelihara kucing bagi kesehatan pemiliknya kerap kali bukan menjadi alasan utama seseorang memutuskan untuk mengadopsinya, melainkan karena kecintaan terhadap binatang tersebut.

Salah satu manfaat memelihara kucing bagi kesehatan adalah dapat menurunkan stres dan kecemasan. Berikut informasi selengkapnya.

BACA JUGA:  Video Pernyataan Rina Nose Tidak Mau Punya Anak Viral, Begini Klarifikasi Lengkapnya

Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan

Manfaat memelihara kucing
Dengkuran kucing dikaitkan dengan kemampuan penyembuhan terapeutik pada tulang dan otot manusia. (Foto: Pixabay/agamaszota)

Tak hanya membuat orang tertawa melihat tingkahnya yang lucu dan rupanya yang menggemaskan, berikut manfaat memelihara kucing bagi kesehatan, seperti dilansir dari laman Helpguide

1. Menurunkan Stres dan Kecemasan

Dalam jurnal ‘Incorporating Human–Animal Interaction Into Academic Stress Management Programs: Effects on Typical and At-Risk College Students Executive Function’ yang diterbitkan American Educational Research Association dan dapat diakses melalui AERA Open, Patricia Pendry menuliskan tentang studinya yang menunjukkan penurunan tingkat kortisol siswa yang berinteraksi langsung dengan hewan.

Penelitian tersebut melibatkan 249 mahasiswa yang dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok pertama berinteraksi langsung dengan kucing dan anjing selama 10 menit sesuai keinginan mereka.

Admin