Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Kretek II Bantul, Didampingi Menteri PUPR dan Gubernur DIY

HARIANE JOGJA – Presiden Jokowi resmikan Jembatan Kretek II Bantul di dampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada hari ini Jumat, 2 Juni 2023.

Persiapan pengamanan menyambut Presiden Jokowi dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, telah dilakukan sejak pagi.

Begitu pula antusiasme warga Bantul yang ingin menyaksikan Presiden Jokowi resmikan Jembatan Kretek II Bantul juga sangat tinggi.

Terlihat dalam unggahan oleh akun Instagram @menumenujogja, terlihat puluhan warga rela menunggu di lokasi sekitar Jembatan Kretek II Bantul Sejak pagi.

BACA JUGA:  Kunjungan Jokowi ke Kabupaten Malang, Warga Keluhkan Kelangkaan LPG 3 Kg

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Kretek II Bantul, Sebagai Jalur Penghubung Lintas Selatan Pulau Jawa

Jokowi Resmikan Jembatan Kretek II Bantul
Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Kretek II Bantul, Sebagai Jalur Penghubung Lintas Selatan Pulau Jawa.(Foto: Dok. Pemkab Bantul)

Dilansir dari laman Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jembatan Kretek II Bantul merupakan jembatan dengan total panjang 2,6 km.

Jembatan ini membentang di atas Sungai Opak dan menghubungkan antara Desa Tirtohargo dengan Desa Parangtritis.

Jembatan ini juga merupakan bagian dari Jalur Jalan Lintas Selatan Jawa atau disebut juga jalur Pantai Selatan Jawa yang terkenal akan kawasan pariwisata.

Total anggaran dalam membangun Jembatan Kretek II Bantul adalah senilai 364 Miliyar Rupiah.

Berada di kawasan Sesar Opak yang masih aktif sehingga berpotensi terjadi gempa bumi dan pergerakan tanah, Jembatan Kretek II dibangun dengan teknologi Lead Rubber Bearing (LRB) untuk meredam dampak gempa bumi.

Kontributor 7