Jadwal Festival Van der Wijck 2023 di Sleman, Ada 8 Pertunjukan Menarik

HARIANE JOGJA – Jadwal Festival Van der Wijck 2023 akan diselenggarakan di Kanal Van der Wijck, Sleman, Yogyakarta pada Jumat-Sabtu, 2-3 Juni 2023.

Festival Van der Wijck hadir sebagai apresiasi keberadaan kanal atau saluran irigasi Van der Wijck, yang telah menjamin ketersediaan bahan pangan pokok sejak masa Sultan Hamengku Buwono VII pada 1909.

Festival ini mengusung tema ‘Rice for All’, mengajak warga masyarakat untuk hadir, menyaksikan, dan menjadi saksi harmonisasi sosial budaya dan pertanian.

Festival Van der Wijck 2023 dengan ide kreatif dan inovatirnya menggabungkan potensi kanal pertanian, dan sosial budaya menjadi sebuah event yang menarik.

Dilansir dari akun Instagram Kemenparekraf RI, festival ini akan digelar di Kanal Van der Wijck, Buk Renteng, Tangisan, Banyurejo, Sleman, Yogyakarta.

BACA JUGA:  Upacara Labuhan Keraton Yogyakarta 2023 sebagai Rangkaian Hajad Dalem, Begini Sejarah dan Filosofinya

8 Acara Festival Van der Wijck 2023

Festival Van der Wijck 2023
Pertunjukan Festival Van der Wijck, Sleman, Yogyakarta. (Foto: Instagram/Kemenparekraf)

Dalam festival ini rencananya akan diselenggarakan delapan agenda kegiatan yang dapat disaksikan olehmasyarakat, seperti berikut ini.

1. Upacara Wiwitan
2. Kirab Budaya
3. Floating Bamboo Raft Market
4. Larung Lampion
5. Pergelaran Seni
6. Eco Workshop
7. Talkshow Waste Management
8. Fun Contests

Upacara Wiwitan atau Tradisi Wiwitan ini akan menjadi acara pertama yang akan digelar pada Jumat, 2 Juni 2023.

Apa itu Upacara Wiwitan? Bagaimana Pelaksanaannya?

Dikutip dari Instagram @vanderwijck.fest, Upacara Wiwitan adalah sebuah tradisi yang dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur atas tanaman yang tumbuh serta siap untuk dipanen.

Kontributor 8