Acara Hari Jadi Kota Solo 2023 Ke-278, Ada Kirab Hingga Festival Jenang

HARIANE JOGJA – Hari Jadi Kota Solo 2023 yang ke-278 akan diperingati pada Jumat, 17 Februari 2023 dengan menggelar perayaan besar.

Acara HUT Kota Solo 2023 kan digelar sepanjang hari tersebut dengan menggelar kirab dan festival jenang.

Salah satu acara yang akan digelar, Kirab HUT Solo 2023 bukan hanya sekadar untuk bersuka cita tetapi juga mengingatkan kembali bagaimana sejarah berjalan di tempat tersebut dari masa ke masa.

Sejarah Hari Jadi Kota Solo 2023 akan Diperingati Tanggal 17 Februari 2023

Seperti dilansir dari akun Instagram resmi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kota Solo akan memperingati hari jadinya pada Jumat, 17 Februari 2023.

Adapun acara yang akan digelar guna memperingati ulang tahun ke-278 Kota Solo 2023 di antaranya, Kirab Boyong Kedhaton dan Festival Jenang Solo 2023.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Surakarta, perayaan hari jadi yang juga digelar dan dirayakan hampir tiap tahun ini bertujuan untuk kembali mengingat peristiwa bersejarah di masa lalu.

BACA JUGA:  Dipasangkan dengan Prabowo, Golkar Resmi Usung Gibran Jadi Cawapres

Tepat di tanggal 17 Februari di tahun 1745 silam, Keraton Kartasura dipindahkan dari Kartasura ke Desa Sala (yang kini menjadi Kota Solo) sebagai akibat pemberontakan yang terjadi di Kesultanan Mataram.

Desa Sala dinilai strategis dan indah karena terletak di tepian Sungai Bengawan Solo. Dari nama desa inilah Kota Solo berasal.

Keraton mulai ditempati keluarga kerajaan pada 17 Februari 1745 setelah menggelar kirab besar-besaran sebagai simbol kemakmuran akan harapan pada lokasi Keraton Kartasura yang baru.

Admin