Selain Indonesia, 6 Negara Berikut Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 H pada Hari ini

HARIANE JOGJA – Selain di Indonesia, pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 H di sejumlah negara lain juga dilaksanakan pada hari ini, Kamis, 29 Juni 2023.

Di Indonesia sendiri keputusan penetapan Idul Adha telah dikeluarkan oleh pemerintah melalui hasil sidang Isbat yang dilaksanakan pada 18 Juni 2023 lalu.

Dilansir dari NU Online keputusan ini diambil berdasarkan hasil hisab dan pantauan dari tim rukyatul hilal di 99 titik se-Indonesia.

Setelah itu dilanjutkan dengan sidang Isbat yang akhirnya memutuskan tanggal 20 sebagai awal Dzulhijjah dan 29 Juni 2023 sebagai hari Idul Adha 1444 H.

BACA JUGA:  Biodata Lengkap Ghanim Al Muftah, Remaja Difabel yang Membaca Al-Qur’an di Pembukaan Piala Dunia 2022

Negara yang Menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 H Jatuh pada Hari ini

Idul Adha di luar negeri
Hewan kurban saat hari raya Idul Adha di luar negeri (Ilustrasi/Freepik)

Selain di Indonesia ternyata ada beberapa negara yang menetapkan tanggal 29 Juni 2023 sebagai Hari Raya Idul Adha 1444 H. Berikut ulasan terkait penetapan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di luar negeri.

1. Malaysia

Diwartakan Arabian Bussiness, pihak otoritas Malaysia, yakni Asisten Sekretaris Dewan Penguasa Malaysia telah melakukan proses rikyatul hillal di negaranya.

Setelah melakukan berbagai proses langkah dan akhirnya pihak otoritas Malaysia menetapkan tanggal 29 juni 2023 sebagai Hari Raya Idul Adha.

2. Brunei Darussalam

Negara Brunei Darussalam secara geografis juga bersebelahan dengan Indonesia. Hal ini akhirnya juga mempengaruhi kemunculan hillal di negara itu. Diketahui bahwa negara Brunei Darussalam juga menetapkan tanggal 29 Juni 2023 sebagai Hari Raya Idul Adha.

Kontributor 12