Hari Raya Galungan 2023 Jatuh Hari Ini, Simak Makna dan Sejarah Lengkapnya

HARIANEJOGJA – Hari raya Galungan 2023 jatuh tepat pada hari ini Rabu, 4 Januari 2023. Hari raya tersebut populer dilaksanakan oleh umat Hindu Bali.

Namun, ada beberapa umat Hindu lain di Indonesia yang juga melaksanakan hari raya Galungan 2023, seperti contohnya suku Tengger di Jawa Timur.

Hari raya Galungan 2023 dirayakan 210 hari sekali pada Rabu Kliwon berdasarkan perhitungan Wuku Galungan atau wuku yang kesebelas. Dalam istilah Bali sendiri, wuku yang kesebelas disebut juga Wuku Dungulan.

Fakta lainnya, hari raya Galungan 2023 menjadi momen khusus bagi masyarakat Hindu untuk memperingati terciptanya jagad raya dan seluruh isinya, atau biasa disebut dengan istilah Pawedalan Jagat.

BACA JUGA:  Banjir di Gunungkidul Hari Ini Sebabkan 2 Pelajar Terjebak Arus Sungai, Jalan di Nglipar Ambles

Makna Hari Raya Galungan 2023

Dilansir dari laman Academia.edu, kata Galungan berasal dari bahasa Jawa Kuna yang berarti bertarung atau menang. Perayaan ini memiliki makna sebagai persembahan dan pemujaan tulis serta suci bagi Sang Hyang Widhi.

Persembahan ini juga menjadi bentuk permohonan agar senantiasa diberikan kebahagiaan hidup dan dijauhkan dari kegelapan.

Selain itu, Upacara Galungan juga menjadi momen perayaan kemenangan bagi Dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan). Bentuk perayaan ini adalah pemberian persembahan kepada Hyang Widhi dan Dewa Batara.

Masyarakat Hindhu meyakini, upacara sakral Galungan akan memberikan dorongan spirit untuk membedakan mana yang baik dan buruk, serta mengarahkan kesatuan rohani demi mendapatkan kejernihan pikiran.

Sejarah Upacara Galungan

Drs. I Gusti Agung Gede Putra, mantan Dirjen Bimas Hindu dan Budha Departemen Agama RI menyebutkan hari raya Galungan diperkirakan sudah dirayakan oleh masyarakat Hindu seluruh Indonesia sebelum akhirnya populer di Bali.

Admin