Hari Radio Sedunia 2023 Diperingati 13 Februari, Berikut Tema untuk Tahun ini

HARIANE JOGJA – Hari Radio Sedunia 2023 merupakan perayaan yang ke-12 setelah diakui UNESCO pada tahun 2011 lalu dan ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pda 2012.

Tema Hari Radio Sedunia pada peringatan tahun ini adalah Radio dan Perdamaian.

Dengan diperingatinya Hari Radio Sedunia, diharapkan masyarakat secara global memberikan dukungan pada radio untuk menjadi media profesional yang mampu mencegah konflik dan menciptakan perdamaian.

BACA JUGA:  Tanggal 20 Februari Memperingati Hari Apa? Begini Uraian Singkat Seputar Hari Keadilan Sosial Sedunia

Hari Radio Sedunia Ditetapkan Tahun 2012 Lantaran Peran Pentingnya

Hari Radio Nasional
Narasi media dapat meningkatkan ketegangan atau justru berkontribusi menciptakan perdamaian. (Ilustrasi: Pexels/alinevianafoto)

Dilansir dari laman resmi PBB, Hari Radio Sedunia dicanangkan pada 2011 oleh Negara Anggota UNESCO dan diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2012 sebagai Hari Internasional, yakni 13 Februari sebagai Hari Radio Sedunia.

Penetapan ini dilatarbelakangi oleh peran radio sebagai media yang kuat untuk merayakan kemanusiaan dalam segala keragamannya merupakan platform untuk wacana demokrasi.

Di tingkat global, radio tetap menjadi media yang paling banyak dinikmati masyarakat.

Dengan kemampuan unik dalam menjangkau khalayak luas, radio telah membentuk pengalaman masyarakat tentang keragaman, arena bagi semua suara untuk berbicara, diwakili, dan didengar.

Radio juga menjadi media berbiaya rendah dan cocok untuk menjangkau masyarakat terpencil atau orang-orang yang rentan hingga menawarkan platform untuk campur tangan dalam debat publik, terlepas dari tingkat pendidikan masyarakat.

Tri Lestari