Fungsi Knalpot Pada Kendaraan, Ternyata Bukan Hanya Saluran Buang Gas

HARIANE JOGJA – Fungsi knalpot pada kendaraan yang biasanya dipahami kebanyakan orang adalah sebagai saluran pembuangan sisa hasil pembakaran.

Namun, sebenarnya fungsi knalpot kendaraan bermotor jauh lebih kompleks daripada sekedar saluran pembuangan, bahkan perangkat ini juga memengaruhi performa mesin.

Agar lebih jelas, berikut informasi mengenai fungsi knalpot pada motor maupun mobil, seperti diwartakan dalam kanal YouTube FtShare.

Fungsi Knalpot Pada Kendaraan Secara Umum

Secara umum, fungsi utama dari knalpot kendaraan adalah sebagai saluran gas buang sisa pembakaran mesin.

Gas sisa pembakaran mesin juga biasanya mengandung banyak zat berbahaya seperti jelaga, dan partikel – partikel kecil yang dapat memengaruhi kesehatan.

Hal ini menyebabkan banyak negara menerapkan standar emisi yang harus dipenuhi oleh produsen kendaraan.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Anime Misteri Terbaik Sepanjang Masa, Nomor 4 Justru Bikin Penontonnya Terharu
standar suara knalpot motor
Standar suara knalpot motor diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009. (Foto: Freepik/fabrikasimf)

Sehingga, knalpot juga berfungsi untuk menyerap emisi yang dihasilkan oleh pembakaran mesin sebanyak mugkin demi memenuhi standar emisi yang ditetapkan oleh negara.

Selain dua fungsi yang disebutkan sebelumnya, fungsi knalpot kendaraan bermotor juga sebagai peredam suara dari mesin kendaraan.

Mesin kendaraan terdiri dari banyak komponen yang saling bergesekan pada kecepatan tinggi, sehingga akan menghasilkan suara yang cukup keras dan dapat mengganggu lingkungan sekitar.

Admin