Daftar Revisi Biaya Hidup Dokter Internship 2023, 3 Kali Lipat dari Jumlah Semula

HARIANEJOGJA – Kemenkes RI telah melakukan revisi biaya hidup dokter internship yang diumumkan pada Kamis, 15 Desember 2022.

Revisi biaya hidup dokter internship ini dilakukan pasca adanya gelombang protes yang muncul di media sosial soal rendahnya bantuan biaya hidup atau BBH untuk dokter internship.

Sebelum mengeluarkan kebijakan revisi biaya hidup dokter internship, sempat viral BBH yang diberikan paling kecil adalah Rp 1,1 juta yang dianggap terlalu kecil dan tidak sebanding dengan beban kerja.

Kini, Kementerian Kesehatan RI menetapkan BBH paling kecil yaitu Rp 3.241.000, dan paling tinggi adalah Rp 6.499.575.

BACA JUGA:  Hore! Jalan Tembus Kalurahan Pilangrejo dan Tegalrejo Gunungkidul Sepanjang 1 Km Dibangun Tahun 2023

Revisi Biaya Hidup Dokter Internship Paling Tinggi untuk Penempatan DTPK

Revisi biaya hidup dokter internship
Revisi biaya hidup dokter internship paling kecil adalah Rp 3,2 juta untuk wilayah Jawa dan Bali. (Ilustrasi: Freepik/partystock)

Sebelumnya sempat viral keluhan soal bantuan biaya hidup dokter internship sebanyak Rp 1,1 juta untuk beberapa wilayah di antaranya Batam, Bogor, Depok, Kalimantan, dan Sulawesi.

Salah satu warga net yang mengeluhkan soal BBH rendah ini adalah Asa Ibrahim yang mengatakan angka tersebut lebih rendah dari UMR yang ada di Indonesia.

Luar biasa jauh di bawah UMR untuk daerah manapun di indonesia. Segitu murahnya kah harga kerja dokter?” tulis akun @asaibrahim via Twitter.

Mendengar soal aspirasi nakes yang protes, Kemenkes RI pun memberikan revisi biaya hidup dokter internship menjadi sebesar:

Dyah Ayu