Cara Buat Mie Lethek Khas Bantul, Ini Alasannya Tak Pakai Mesin Otomatis Sejak 1940

HARIANE JOGJA – Cara buat mie lethek khas Bantul yang jadi kudapan unik Yogyakarta ini hingga sekarang ternyata masih dilakukan secara tradisional.

Salah satu elemen penting dalam proses cara buat mie lethek khas Bantul adalah dengan menggunakan hewan sapi.

Bukan sebagai bahan makanan, peran sapi dalam cara buat mie lethek khas Bantul adalah untuk menggerakkan alat di pabrik yang salah satunya ada di Kapanewon Srandakan.

Sudah berdiri sejak sebelum bangsa Indonesia merdeka, berikut adalah cara pembuatan mie lethek yang unik dan khas.

BACA JUGA:  Minim Modal Kulakan, Seorang Pria Nekat Lakukan Pencurian di Swalayan Bantul untuk Stok Toko

Cara Buat Mie Lethek Khas Bantul yang Sudah Eksis Sejak 1940

cara buat mie lethek khas bantul
Cara buat mie lethek khas Bantul masih menggunakan cara tradisional yaitu alatnya digerakkan oleh sapi. (Foto: Hariane/Wahyu Turi)

Seperti artikel yang ditayangkan di Hariane.com dengan judul ‘Mie Lethek Khas Bantul, Cita Rasa Istimewa Sejak 1940’ pada Sabtu, 14 Januari 2023, mie lethek merupakan jenis mie yang terbuat dari tepung singkong.

Di Srandakan, Bantul terdapat pabrik mie lethek yang berdiri sejak 1940 di mana pembuatannya masih dengan cara manual.

Pemilik pabrik mie lethek, Yasir Ferry (47) mengatakan bahwa perusahaan tersebut dibangun oleh kakeknya sekitar tahun 1940-an.

Saat ini ia meneruskan usaha pembuatan mie lethek dan menjadi generasi ketiga setelah orang tuanya. Proses pembuatan mie lethek pun masih menggunakan cara tradisional yakni menggunakan sapi sebagai tenaga penggerak untuk pengadonan tepung ketela dan tepung tapioka.

Dyah Ayu