Cak Nun Firaun Trending di Twitter, Ini Penjelasan Lengkap Kronologi Sampai Klarifikasi

HARIANE JOGJA – Cak Nun Firaun trending di Twitter hingga 20 Januari 2023. Diketahui, Cak Nun Firaun ini sudah menempati jajaran trending Twitter sejak dua hari yang lalu.

Cak Nun Firaun trending di Twitter karena pernyataan ulama dengan nama lengkap Emha Ainun Najib tersebut pada ceramahnya di Surabaya, 9 Januari 2023.

Cak Nun Firaun trending di Twitter lantaran ulama tersebut menarasikan petinggi-petinggi Indonesia yang ia sebut mirip zaman Firaun.

BACA JUGA:  Viral Video Wanita Pukul Mobil dengan Balok Kayu, Pergoki Suami Bersama Wanita Lain

Penyebab Cak Nun Firaun trending di Twitter

Dikutip dari dokumentasi video ceramah Cak Nun yang dibagikan ulang oleh akun Facebook Mohamad Guntur Romli, ulama tersebut menyebutkan bahwa Jokowi adalah sebagai Fir’aun, lalu Luhut Binsar Panjaitan (LBP) sebagai Hamman, dan Antony Salim serta 10 Naga disebut sebagai Qorun.

Cak Nun menambahkan, sistem tersebut sudah tidak dapat diganggu gugat. Seluruh alat dan sistem politik di Indonesia sudah dipegang oleh tiga komponen tersebut. Sehingga memilih siapa saja (dalam pemilu) pasti sudah ada yang menang.

Setelah Cak Nun Firaun trending di Twitter, ulama tersebut akhirnya buka suara soal ceramahnya yang menuai kontroversi tersebut.

Klarifikasi Cak Nun

Setelah Cak Nun Firaun trending di berbagai media, Cak Nun akhirnya buka suara. Klarifikasi Cak Nun didokumentasikan dalam sebuah video yang diunggah dalam kanal YouTube Caknun.com dengan judul ‘Mbah Nun Kesambet’.

Dalam wawancara tersebut, Cak Nun menjelaskan bahwa dirinya telah disidang oleh keluarganya akibat kata-kata yang ia utarakan dalam ceramahnya pada 9 Januari 2023 lalu.

Admin