Aksi Solidaritas untuk Palestina Digelar di Titik Nol Kilometer Hari ini, Diikuti Ribuan Orang

HARIANE JOGJA – Aksi solidaritas untuk Palestina digelar oleh Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) DIY hari ini Jumat, 13 Oktober 2023.

Kegiatan yang digelar di Titik Nol Kilometer Malioboro tersebut juga diikuti oleh masyarakat dari berbagai elemen.

Ribuan orang tersebut menggelar aksi solidaritas ini lantaran situasi konflik antara Hamas dan Israel yang belakangan ini semakin memanas.

Dalam aksi tersebut, terlihat ratusan bendera Palestina dengan beragam ukuran yang dibentangkan.

Selain itu, tulisan dukungan untuk rakyat Palestina juga turut digaungkan serta satu per satu orator pun bergantian menyuarakan aspirasinya dalam mengutuk tindakan yang dilakukan Israel.

BACA JUGA:  Liga Belum Dimulai, Polri Temukan Indikasi Mafia Bola

Pernyataan Sikap dalam Aksi Solidaritas untuk Palestina Hari ini

Dalam menggelar aksinya, mereka membuat lima pernyataan sikap sebagaimana yang dibuat oleh FUI DIY.

Adapun isi dari pernyataan sikap tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Berdasarkan pada paragraf pertama Pembukaan UUD 1945, maka perlawanan rakyat Palestina kepada penjajah Israel adalah sah dan wujud nyata melawan kedzaliman dan mendapatkan kembali tanah tumpah darahnya.

Oleh sebab itu setiap upaya rakyat Palestina untuk mewujudkan kemerdekaan harus didukung Pemerintah dan Rakyat Indonesia.

2. Atas aksi yang dilakukan Israel terhadap Palestina selama lebih dari 70 tahun, maka Israel merupakan penjajah yang sebenarnya.

3. Meminta pemerintah Indonesia untuk memanggil Duta Besar Amerika dan memberikan nota protes atas sikapnya yang mendukung penjajahan Israel.

Admin