7 Penemu Muslim Dunia yang Berkontribusi bagi Kemajuan Peradaban Masyarakat

HARIANE JOGJA – Para penemu muslim dunia berikut ini dapat menambah pengetahuan sekaligus menjadi motivasi untuk turut berkontribusi bagi agama, bangsa, dan negara.

Bagi sebagian orang, penemu muslim dan penemuannya mungkin terdengar agak ketinggalan zaman karena banyak yang berkata bahwa negara Barat adalah contoh terbaik apabila ingin sukses dalam meraih impian karier.

Padahal penemu muslim di dunia juga tidak kalah keren dengan ilmuwan Barat, bahkan banyak di antaranya yang menjadi pelopor dalam berbagai aspek penting kehidupan masyarakat kekinian.

Salah satunya adalah ahli kedokteran Ibnu Sina yang dikenal mampu melakukan operasi tulang pada abad ke-11, ketika teknologi masih sangat jauh dibandingkan saat ini.

BACA JUGA:  7 Cara Mengatasi Bosan Belajar, Simak Rahasia Jerome Polin Berikut

7 Penemu Muslim Dunia

Berikut merupakan tujuh penemu muslim yang berkontribusi dan memiliki jasa bagi kemajuan peradaban masyarakat modern:

1. Ibnu Battuta (Sang Penjelajah Dunia)

Selama 29 tahun pada rentang abad ke-14, Ibnu Battuta melakukan perjalanan ke berbagai belahan dunia dan telah berhasil sampai ke 44 negara, seperti yang dikutip dari laman SMA Islam Sabilal Muhtadin.

Adapun sejumlah negara tersebut seperti Mesir, Persia, Anatolia, Afghanistan, Maladewa, Bengal, Tiongkok, Spanyol, Afrika, Suriah, Teluk Arab, Turkistan, India, Srilanka, Sumatera, hingga Sardinia.

Perjalanan ditujukan untuk misi dakwah dan menyampaikan kebenaran pada setiap wilayah yang dikunjungi, alih-alih menjajah atau menguasainya.

Dari sana penjelajah dunia satu ini menulis buku Ar-Rihlah seputar sejarah Islam.

2. Ibnu Sina (Bapak Kedokteran)

Penemu Muslim Dunia
Salah satu penemu muslim yang berkontribusi dalam dunia kedokteran adalah Ibnu Sina. (Ilustrasi: Pexel/Jonathan Borba)
Admin