4 Peristiwa Ekonomi Selama 2022, Mulai dari NFT hingga Jatuhnya Perusahaan Rintisan

HARIANE JOGJA – Setidaknya ada empat peristiwa ekonomi selama 2022 yang terjadi di beberapa sektor, mulai dari digital, politik, hingga komoditas.

Salah satu peristiwa ekonomi selama 2022 ini adalah jatuhnya perusahaan rintisan (start-up) dengan menunjukkan penurunan performa.

Oleh karena itu, analisa terhadap peristiwa ekonomi selama 2022 menjadi penting untuk dipahami agar dapat dijadikan pembelajaran dalam menjalani tahun 2023.

Berikut beberapa peristiwa ekonomi selama 2022, dilansir dari kanal YouTube Ferry Irwandi, seorang content creator lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang berpengalaman kerja di Kementerian Keuangan RI.

BACA JUGA:  Dukun Pengganda Uang di Banjarnegara Bunuh 12 Orang, 2 Diantaranya Diduga Suami Istri

4 Peristiwa Ekonomi Selama 2022

Bitcoin
Ilustrasi cryptocurrency (Foto: Unsplash/Raphael Wild)

1. Cryptocurrency

Cryptocurrency atau yang sering disingkat sebagai crypto banyak digadang – gadang sebagai mata uang masa depan, terutama selama era pandemi.

Optimisme terhadap crypto ini beralasan, mengingat pada awal 2022 Bitcoin sedang berada pada posisi All Time High (ATH) yang berada pada nilai $68.000 untuk 1 Btc.

Namun terkait hal ini, Ferry memiliki prediksi lain. Bitcoin akan mengalami posisi bearish, stagnan atau mengalami penurunan.

“Bitcoin akan bearish dalam waktu yang dekat,” ungkap Ferry.

Prediksi ini didasarkan pada asumsi bahwa pasar crypto dibangun di atas sistem ekonomi naratif yang sangat fluktuatif.

Ekonomi naratif yang sangat bergantung pada kepopuleran satu topik tertentu untuk mempengaruhi perekonomian terbukti tidak cukup kuat, dan menyebabkan kejatuhan tak hanya Bitcoin, namun juga Terra Luna dan FTX.

2. Non-Fungible Token (NFT)

NFT merupakan sebuah token, atau aset digital yang tidak dapat ditukar dan dapat dicek keasliannya. NFT juga merupakan salah satu dari 4 peristiwa ekonomi selama 2022.

Admin