3 Tanda Diabetes Melitus Pada Usia Muda, Kenali Faktor Penyebabnya untuk Kesehatan Masa Depan

HARIANEJOGJA – Mengetahui tanda Diabetes Melitus pada usia muda tentu jadi hal yang penting untuk kehidupan yang sehat dan teratur.

Beberapa faktor dan penyebab ditengarai sebagai tanda Diabetes Melitus pada usia muda. Gaya hidup, makanan, nutrisi, ada banyak faktor lainnya untuk menjelaskan tanda-tanda tersebut.

Bagi seseorang yang mencari tanda Diabetes Melitus pada usia muda, merupakan suatu upaya yang baik. Selangkah lebih maju untuk terhindar dari risiko yang membahayakan. 

Sebelum mengenali tanda Diabetes Melitus pada usia muda, alangkah lebih baik mengetahui terlebih dahulu apa itu penyakit Diabetes Melitus dan beberapa hal yang melingkupinya.

BACA JUGA:  Hukum Mencicipi Makanan Saat Puasa, Awas Syaratnya Jangan Sampai Keliru

Apa itu Diabetes Melitus?

Apa itu Diabetes Melitus
Apa itu Diabetes Melitus. (Foto: Freepik/rawpixel.com)

Seperti yang diterbitkan artikel hariane.com berjudul Bahaya Diabetes di Usia Muda, Kenali Tanda-tanda dan Faktor Risikonya, Diabetes melitus atau (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah.

Diabetes juga biasanya disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Insufisiensi fungsi insulin disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas.

Insufisiensi juga dapat disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin (WHO, 1999). Hal inilah yang membuat penting untuk generasi saat ini mengetahui tanda Diabetes Melitus pada usia muda.

Rizky Riawan