3 Manfaat Donor Darah Rutin, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

HARIANE JOGJA – Manfaat donor darah rutin bagi pendonor ternyata tidak hanya memiliki nilai sosial tapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

Benarkah donor darah bikin sehat? Salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung bahkan juga bisa membantu untuk deteksi penyakit sejak dini.

Kegiatan donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela, darah yang diambil disimpan di bank darah dan digunakan untuk keperluan transfusi darah.

Apa saja syarat donor darah? Donor darah dapat dilakukan ketika seseorang sudah berumur 17 tahun ke atas, yang memenuhi kriteria pendonor darah.

Pendonor harus memenuhi kriteria yang ditetapkan seperti berat badan minimal 45 kg, tekanan darah 100-180 (sistole) dan 60-80 (diastole), dan menandatangani formulir pendaftaran.

Selain itu pendonor harus lulus pengujian kondisi berat badan, hemoglobin, golongan darah, dan pemeriksaan oleh dokter.

Manfaat donor darah bagi tubuh yang mudah diketahui ialah mengetahui golongan darah tanpa dipungut biaya, dan pemeriksaan kesehatan teratur (setiap donor darah atau tiap 3 bulan sekali).

BACA JUGA:  Top 10 Bintang Rock Terbaik di Dunia Sepanjang Masa, Salah Satunya Menang 20 Kali Grammy Awards

Manfaat Donor Darah Rutin yang Wajib Diketahui

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI terdapat manfaat donor darah apabila dilakukan secara rutin yaitu sebagai berikut.

1. Dapat Mendeteksi Penyakit Serius

Manfaat donor darah rutin
Manfaat donor darah rutin (Ilustrasi : unsplash/LuAnn Hunt)

Sebelum melaksanakan donor darah, pendonor melalui tahap pengecekan kondisi kesehatan tubuh untuk kesiapan diambil darahnya.

Melalui pengecekan tersebut pendonor dapat mengetahui hasilnya, yang mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria.

Dengan pengecekan kesehatan sebelum donor, pendonor melakukan pemeriksaan yang dapat mencegah penyakit sedini mungkin.

2. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Kontributor 1